Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Langen Carita Lakon Patine Arya Penangsang

Penelitian ini berjudul nilai-nilai pendidikan karakter dalam Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang mendeskripsikan pendidikan karakter di dalamnya. Pendidikan karakter di Indonesia sedang diterapkan kembali untuk membentuk siswa memiliki akal pikiran dan budi pekerti dan dapat diajarkan melalu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LINTANG, Avyana Destyasti
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42965
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini berjudul nilai-nilai pendidikan karakter dalam Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang mendeskripsikan pendidikan karakter di dalamnya. Pendidikan karakter di Indonesia sedang diterapkan kembali untuk membentuk siswa memiliki akal pikiran dan budi pekerti dan dapat diajarkan melalui pendidikan seni, salah satunya langen carita di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Langen carita merupakan pendidikan seni yang ditujukan untuk membentuk karakter anak sebagai lanjutan pendidikan seni dolanan anak. Langen carita adalah bentuk dari metode sariswara yang di dalamnya terdapat sastra, tembang/lagu/musik/karawitan, cerita dan solah bawa dalam bentuk opera kecil atau sandiwara anak, ditujukan untuk anak umur 10-14 tahun. Langen carita juga berkembang sebagai seni pertunjukan dengan banyak cerita sejarah, babad atau kehidupan sehari-hari, salah satunya patine Arya Penangsang. Cerita ini terdapat pendidikan karakter yang dapat diajarkan pada anak pada proses latihan dan pementasan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengkaji, menganalisis, mengungkapkan, menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian divalidasi menggunakan triangulasi, kemudian dianalisis sesuai kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, toleransi (saling menghargai dan tepa salira), disiplin, kreatif, cinta tanah air, tanggungjawab, kepemimpinan, percaya diri, pantang menyerah, kerja sama, patuh, tekun, sabar, sopan santun dan ikhlas. Hal ini ditujukan untuk membentuk karakter anak selama proses latihan dan pementasan sehingga penonton juga dapat mengambil nilai-nilai dari pertunjukan Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang.Kata kunci : nilai-nilai pendidikan karakter, langen carita patine Arya, Penangsang, deskriptif kualitatif.