Perancangan Komunikasi Visual Aktivasi Jenama Helutrans Yogyakarta

Helutrans Yogyakarta adalah sebuah lembaga penangan seni (art handler)profesional yang fokus pada bidang penanganan karya seni khususnya karya senirupa. Profesionalitas Helutrans dalam menangani karya seni ternyata belum cukupuntuk menjaga kontinuitas kepercayaan khalayak seni rupa khususnya seniman...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERNADA, Lambang
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
DKV
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43030
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Helutrans Yogyakarta adalah sebuah lembaga penangan seni (art handler)profesional yang fokus pada bidang penanganan karya seni khususnya karya senirupa. Profesionalitas Helutrans dalam menangani karya seni ternyata belum cukupuntuk menjaga kontinuitas kepercayaan khalayak seni rupa khususnya senimanmuda di Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya seniman yangbelum cukup mengenal Helutrans Yogyakarta. Berdasarkan hasil penyebarankuesioner terhadap target audiens sejumlah 112 orang, menunjukkan bahwa 77orang tidak mengetahui dan hanya 35 orang mengetahui.Minimnya media informasi maupun promosi tentang penangan seniHelutrans Yogyakarta, memberikan peluang bagi perancang untuk memberikansolusi pemecahan masalah melalui desain komunikasi visual. Tujuannya agarseniman muda di Yogyakarta lebih mengenal Helutrans Yogyakarta terutamaterkait pengetahuan dan keterampilan penanganan karya seni rupa. Solusi yangditawarkan perancang adalah rancangan komunikasi visual aktivasi jenama sebagaimedia promosi Helutrans Yogyakarta. Aktivasi merupakan suatu bentuk kegiatanpromosi yang dilakukan dengan berinteraksi lebih dekat dengan target audiensmelalui berbagai kegiatan.Bentuk aktivasi dalam perancangan ini adalah melalui pameran. Haltersebut disebabkan karena pameran merupakan bentuk aktivasi yang paling efektifuntuk memperkenalkan suatu jenama karena memungkinkan terjadinya komunikasidua arah serta mampu memberikan pengalaman langsung kepada target audiens.Dengan adanya interaksi langsung tersebut, pesan bisa tersampaikan secara efektifkepada target audiens.Proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama HelutransYogyakarta menerapkan pendekatan berpikir desain Tim Brown gunamenggabungkan pemikiran kreatif dan analisis, kemudian menerapkannya untukmemecahkan permasalahan. Media-media dalam aktivasi ditentukan melaluianalisis consumers journey untuk menentukan point of contact target audiens.Sebagai sumbangsih dalam bidang keilmuan dan karya ilmiah desainkomunikasi visual, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagaireferensi tentang proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama gunamempromosikan Helutrans Yogyakarta. Selain itu perancangan ini menjadi bagiandari objek perancangan baru di dunia desain komunikasi visual.Kata-kata kunci: Aktivasi Jenama, Promosi, DKV