Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media

Baso Pelembang memiliki dua variasi tingkatan bahasa yaitu bahasa baso Pelembang jero dan baso Pelembang jabo. Pada perkembangannya baso Pelembang jabo mengalami pergeseran bahasa, hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya akulturasi budaya di kota Palembang, percampuran baso Pelembang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRA, M. Edo Pratama
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43036
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-43036
record_format oai_dc
spelling isilib-430362021-01-14T21:58:39Z Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media PUTRA, M. Edo Pratama Ambient Media Baso Palembang promosi PPS ISI Yogyakarta 2020 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43036 TES/DK/Put/2020 Baso Pelembang memiliki dua variasi tingkatan bahasa yaitu bahasa baso Pelembang jero dan baso Pelembang jabo. Pada perkembangannya baso Pelembang jabo mengalami pergeseran bahasa, hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya akulturasi budaya di kota Palembang, percampuran baso Pelembang jabo dengan bahasa asing dikalangan generasi milenial dan berkurangnya minat dukungan masyarakat terhadap baso Pelembang jabo. Maka dari itu sangat penting dilakukan upaya untuk mempromosikan baso Pelembang jabo dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan dukungan terhadap baso Pelembang jabo bagi generasi milenial di kota Palembang menggunakan ambient media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking yang memiliki lima tahapan dimulai dari emphatize, define, ideate, protoype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga ditemukan solusi permasalahan yaitu dengan mempromosikan baso Pelembang jabo menggunakan ambient media. Kebaruan dalam perancangan ini berupa konsep promosi bernama “Seraso Sebaso” yang memiliki arti “satu rasa satu bahasa”, konsep ambient media pengeras suara raksasa bernama “Seberapo Pelembang kau? berisi permaianan kata-kata dalam baso Pelembang jabo dan logo promosi “Seraso Sebaso”. Terdapat beberapa teori yang digunakan di antaranya yaitu teori ambient media digunakan untuk menentukan penggunaan ambient media yang tepat, teori desain komunikasi visual digunakan untuk merancang media komunikasi visual kepada target sasaran. Sumbangan perancangan ini bagi perkembangan ilmu desain komunikasi visual adalah konsep promosi yang menggunakan pendekatan through the line berupa ambient media yang dikemas sebagai bentuk pesan dalam upaya mengajak generasi milenial untuk menggunakan baso Pelembang jabo pada komunikasi sehari-hari. Kata Kunci : Promosi, Baso Pelembang Jabo, Ambient Media. Yogyakarta xiv+146hal., ill.; 30cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Ambient Media
Baso Palembang
promosi
NONE
spellingShingle Ambient Media
Baso Palembang
promosi
NONE
PUTRA, M. Edo Pratama
Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
description Baso Pelembang memiliki dua variasi tingkatan bahasa yaitu bahasa baso Pelembang jero dan baso Pelembang jabo. Pada perkembangannya baso Pelembang jabo mengalami pergeseran bahasa, hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya akulturasi budaya di kota Palembang, percampuran baso Pelembang jabo dengan bahasa asing dikalangan generasi milenial dan berkurangnya minat dukungan masyarakat terhadap baso Pelembang jabo. Maka dari itu sangat penting dilakukan upaya untuk mempromosikan baso Pelembang jabo dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan dukungan terhadap baso Pelembang jabo bagi generasi milenial di kota Palembang menggunakan ambient media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking yang memiliki lima tahapan dimulai dari emphatize, define, ideate, protoype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga ditemukan solusi permasalahan yaitu dengan mempromosikan baso Pelembang jabo menggunakan ambient media. Kebaruan dalam perancangan ini berupa konsep promosi bernama “Seraso Sebaso” yang memiliki arti “satu rasa satu bahasa”, konsep ambient media pengeras suara raksasa bernama “Seberapo Pelembang kau? berisi permaianan kata-kata dalam baso Pelembang jabo dan logo promosi “Seraso Sebaso”. Terdapat beberapa teori yang digunakan di antaranya yaitu teori ambient media digunakan untuk menentukan penggunaan ambient media yang tepat, teori desain komunikasi visual digunakan untuk merancang media komunikasi visual kepada target sasaran. Sumbangan perancangan ini bagi perkembangan ilmu desain komunikasi visual adalah konsep promosi yang menggunakan pendekatan through the line berupa ambient media yang dikemas sebagai bentuk pesan dalam upaya mengajak generasi milenial untuk menggunakan baso Pelembang jabo pada komunikasi sehari-hari. Kata Kunci : Promosi, Baso Pelembang Jabo, Ambient Media.
format Partitur/Praktek Musik
author PUTRA, M. Edo Pratama
author_facet PUTRA, M. Edo Pratama
author_sort PUTRA, M. Edo Pratama
title Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
title_short Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
title_full Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Promosi pentingnya Baso Palembang Jabo Menggunakan Ambient Media
title_sort perancangan komunikasi visual promosi pentingnya baso palembang jabo menggunakan ambient media
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43036
_version_ 1741201769124331520