Penerapan Music Notes For Piano Pada Pembelajaran Notasi Balok Untuk Siswa Piano Usia 6-8 Tahun
Hal pertama yang harus dikuasai dalam pembelajaran piano adalah membaca notasi balok karena membaca notasi balok sebagai penunjang bermain musik. Terdapat beberapa faktor penghambat kemampuan siswa dalam membaca notasi balok, yaitu kurangnya fasilitas dan banyak tugas. Music Notes for Piano (MNfP) a...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43046 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Hal pertama yang harus dikuasai dalam pembelajaran piano adalah membaca notasi balok karena membaca notasi balok sebagai penunjang bermain musik. Terdapat beberapa faktor penghambat kemampuan siswa dalam membaca notasi balok, yaitu kurangnya fasilitas dan banyak tugas. Music Notes for Piano (MNfP) adalah media pembelajaran yang dibentuk dalam aplikasi software yang dirancang membantu siswa dalam pembelajaran piano khususnya membaca notasi balok. Adapun materi pokok, yaitu membaca notasi balok dalam bentuk tangga nada C Mayor pada kunci G dan kunci F, dan terdapat juga materi pendamping, seperti: garis paranada, nilai not, tanda birama, kunci G, kunci F. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan informasi yang menyeluruh dan jelas terhadap situasi sosial yang diteliti sehingga menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan atau gambar tidak menekankan pada angka. Lokasi penelitian ini di Purwacaraka Music Studio cabang Gedong Kuning Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa piano usia 6-8 tahun. Hasil yang didapat adalah siswa mampu menulis dengan benar nama nada pada notasi balok dan siswa dapat memainkan notasi balok pada piano dengan menggunakan tangan terpisah. |
---|