Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar

Penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dramaTanjung Munanges sebagai media pembelajaran Seni Budaya materi drama daerah Tanjung Munanges pada kelas XI di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Tujuan penelitian ini adalah dapat menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanju...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIA, Meilanie
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43301
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-43301
record_format oai_dc
spelling isilib-433012021-03-02T16:55:32Z Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar FITRIA, Meilanie Cooperative Learning Model Pembelajaran Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43301 PSP/Fit/n/2020 Penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dramaTanjung Munanges sebagai media pembelajaran Seni Budaya materi drama daerah Tanjung Munanges pada kelas XI di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Tujuan penelitian ini adalah dapat menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges, sedang manfaatnya menambah wawasan siswa dalam belajar drama daerah setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Seni Drama pada materi drama daerah Tanjung Munanges, sedangkan subjek penelitiannya siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media drama Tanjung Munanges mampu menstimulus siswa memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya selama proses penggarapan drama berlangsung. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkahlangkah penggarapan drama Tanjung Munanges, melakukan eksplorasi tokoh dan watak, serta mampu mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan nilainilai pendidikan karakter yang terdapat dalam drama Tanjung Munanges. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges yaitu religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Yogyakarta xv, 124 hal.: ilus.;30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Cooperative Learning
Model Pembelajaran
NONE
spellingShingle Cooperative Learning
Model Pembelajaran
NONE
FITRIA, Meilanie
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
description Penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dramaTanjung Munanges sebagai media pembelajaran Seni Budaya materi drama daerah Tanjung Munanges pada kelas XI di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Tujuan penelitian ini adalah dapat menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges, sedang manfaatnya menambah wawasan siswa dalam belajar drama daerah setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Seni Drama pada materi drama daerah Tanjung Munanges, sedangkan subjek penelitiannya siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media drama Tanjung Munanges mampu menstimulus siswa memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya selama proses penggarapan drama berlangsung. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkahlangkah penggarapan drama Tanjung Munanges, melakukan eksplorasi tokoh dan watak, serta mampu mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan nilainilai pendidikan karakter yang terdapat dalam drama Tanjung Munanges. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges yaitu religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab.
format Tugas Akhir
author FITRIA, Meilanie
author_facet FITRIA, Meilanie
author_sort FITRIA, Meilanie
title Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
title_short Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
title_full Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
title_fullStr Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
title_full_unstemmed Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar
title_sort nilai-nilai pendidikan karakter drama tunjung munanges sebagai media pembelajaran seni budaya pada kelas xi sma negeri 2 sumbawa besar
publisher Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk.
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43301
_version_ 1741201819112046592