Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan beberapa Metode Pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Pembelajaran Tari Rumeksa digunakan sebagai pengenalan kesenian yang ada di Banyumas yaitu lengger, baladewan, dan ebeg. Pene...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43310 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-43310 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-433102021-03-04T16:03:15Z Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto DEWI, Galuh Destari Kumala Metode Pembelajaran Tari Rumeksa Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43310 PSP/Dew/m/2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan beberapa Metode Pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Pembelajaran Tari Rumeksa digunakan sebagai pengenalan kesenian yang ada di Banyumas yaitu lengger, baladewan, dan ebeg. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitan ini adalah pengajar dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pengajar, dan peserta didik untuk mengetahui proses pembelajaran Tari Rumeksa, sedangkan triangulasi metode mengecek kebenaran data yang berasal dari metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Rumeksa menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan atau drill, metode tutor sebaya, dan metode out door study (pembelajaran di luar kelas). Penggunaan metode tersebut sudah tepat karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Selain itu, peserta didik dapat menguasai materi Tari Rumeksa dan menarikan dengan benar. Yogyakarta xv, 99 hal.: ilus.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa NONE |
spellingShingle |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa NONE DEWI, Galuh Destari Kumala Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan beberapa Metode Pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Pembelajaran Tari Rumeksa digunakan sebagai pengenalan kesenian yang ada di Banyumas yaitu lengger, baladewan, dan ebeg. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitan ini adalah pengajar dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pengajar, dan peserta didik untuk mengetahui proses pembelajaran Tari Rumeksa, sedangkan triangulasi metode mengecek kebenaran data yang berasal dari metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Rumeksa menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan atau drill, metode tutor sebaya, dan metode out door study (pembelajaran di luar kelas). Penggunaan metode tersebut sudah tepat karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Selain itu, peserta didik dapat menguasai materi Tari Rumeksa dan menarikan dengan benar. |
format |
Tugas Akhir |
author |
DEWI, Galuh Destari Kumala |
author_facet |
DEWI, Galuh Destari Kumala |
author_sort |
DEWI, Galuh Destari Kumala |
title |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
title_short |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
title_full |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
title_fullStr |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
title_full_unstemmed |
Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto |
title_sort |
metode pembelajaran tari rumeksa di sanggar dharmo yuwono purwokerto |
publisher |
Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43310 |
_version_ |
1741201820824371200 |