Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta
Jalur SBMPTN di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pertama kali dibuka pada tahun 2017. Jalur SBMPTN yang didasari oleh nilai UTBK, nilai rapor, dan portfolio memberi peluang bagi pelajar atau orang-orang dengan pengetahuan dan pengalaman musik yang minim untuk belajar lebih dalam mengenai musik, kh...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43376 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-43376 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-433762021-03-10T14:24:01Z Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta MIRANDA, Annisya SBMPTN kompetensi gitar Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43376 MS/Mir/a/2020 Jalur SBMPTN di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pertama kali dibuka pada tahun 2017. Jalur SBMPTN yang didasari oleh nilai UTBK, nilai rapor, dan portfolio memberi peluang bagi pelajar atau orang-orang dengan pengetahuan dan pengalaman musik yang minim untuk belajar lebih dalam mengenai musik, khususnya musik klasik. Jumlah mahasiswa SBMPTN pada instrumen gitar klasik merupakan jumlah terbanyak dari tahun ajaran 2017-2019 di PS S1 Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan participation observation yaitu terlibat langsung dengan kegiatan para subjek yang diteliti. Tujuan penulisan ini adalah untuk membahas proses adaptasi yang dilakukan mahasiswa dan faktor-faktor pendukung kemajuan kompetensi bermusik serta memberi gambaran proses belajar dan adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa gitar klasik SBMPTN 2017-2019 di PS S1 Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ada beberapa faktor yang mendorong kompetensi dan mencapai keberhasilan nilai akademik (standar nilai kelulusan) mahasiswa gitar klasik jalur SBMPTN 2017-2019 yaitu membuat kenyamanan dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan baru, memperluas aktivitas sosial dan kegiatan musikal dengan cara mengikuti kegiatan yang diadakan oleh PS S1 Musik ataupun KKM Gema di kampus, dan menuruti aturan kampus (disiplin). Pembelajaran dan pengajaran gitar klasik di PS S1 Musik menggunakan kurikulum standar Internasional seperti Australian Music Examination Boards (AMEB) dan juga yang lainnya dari Inggris seperti Associated Board of the Royal School of Music (ABRSM), London College of Music (LCM), dan Triniti College. Pada semester satu, grade pembelajaran gitar klasik dimulai dari grade 3 pada sistem Australia dan Inggris, atau grade 7 pada sistem Jepang (Yamaha dan Suzuki). Yogyakarta xii + 65 hlm.: ilus.; naskah publikasi; 29 cm. MS/Mir/a/2020 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
SBMPTN kompetensi gitar MS/Mir/a/2020 |
spellingShingle |
SBMPTN kompetensi gitar MS/Mir/a/2020 MIRANDA, Annisya Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
description |
Jalur SBMPTN di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pertama kali dibuka pada tahun 2017. Jalur SBMPTN yang didasari oleh nilai UTBK, nilai rapor, dan portfolio memberi peluang bagi pelajar atau orang-orang dengan pengetahuan dan pengalaman musik yang minim untuk belajar lebih dalam mengenai musik, khususnya musik klasik. Jumlah mahasiswa SBMPTN pada instrumen gitar klasik merupakan jumlah terbanyak dari tahun ajaran 2017-2019 di PS S1 Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan participation observation yaitu terlibat langsung dengan kegiatan para subjek yang diteliti. Tujuan penulisan ini adalah untuk membahas proses adaptasi yang dilakukan mahasiswa dan faktor-faktor pendukung kemajuan kompetensi bermusik serta memberi gambaran proses belajar dan adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa gitar klasik SBMPTN 2017-2019 di PS S1 Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ada beberapa faktor yang mendorong kompetensi dan mencapai keberhasilan nilai akademik (standar nilai kelulusan) mahasiswa gitar klasik jalur SBMPTN 2017-2019 yaitu membuat kenyamanan dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan baru, memperluas aktivitas sosial dan kegiatan musikal dengan cara mengikuti kegiatan yang diadakan oleh PS S1 Musik ataupun KKM Gema di kampus, dan menuruti aturan kampus (disiplin). Pembelajaran dan pengajaran gitar klasik di PS S1 Musik menggunakan kurikulum standar Internasional seperti Australian Music Examination Boards (AMEB) dan juga yang lainnya dari Inggris seperti Associated Board of the Royal School of Music (ABRSM), London College of Music (LCM), dan Triniti College. Pada semester satu, grade pembelajaran gitar klasik dimulai dari grade 3 pada sistem Australia dan Inggris, atau grade 7 pada sistem Jepang (Yamaha dan Suzuki). |
format |
Tugas Akhir |
author |
MIRANDA, Annisya |
author_facet |
MIRANDA, Annisya |
author_sort |
MIRANDA, Annisya |
title |
Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
title_short |
Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
title_full |
Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
title_fullStr |
Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Adaptasi Kompetensi Gitar Mahasiswa SBMTN 2017-2019 di Program Studi Musik FSP ISI Yogyakarta |
title_sort |
adaptasi kompetensi gitar mahasiswa sbmtn 2017-2019 di program studi musik fsp isi yogyakarta |
publisher |
Jurusan Musik FSP ISI Ygyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43376 |
_version_ |
1741201833484877825 |