Lagu Dolanan Uler Cilik Sebagai Sarana Interaksi Sosial Anak Usia 9-12 Tahun Di Dusun Sentolo Lor Kulon Progo

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bermain lagu dolanan Uler Cilik sebagai sarana interaksi sosial bagi anak usia 9-12 tahun di Dusun Sentolo Lor, Kulon Progo, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian berada di lingkungan Rukun Warga 07 Dusun Sentolo Lor, Kalura...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROCHMAD, Nofian
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43429
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bermain lagu dolanan Uler Cilik sebagai sarana interaksi sosial bagi anak usia 9-12 tahun di Dusun Sentolo Lor, Kulon Progo, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian berada di lingkungan Rukun Warga 07 Dusun Sentolo Lor, Kalurahan Sentolo, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi. Metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu dolanan Uler Cilik dapat digunakan sebagai sarana interaksi sosial yang menyenangkan bagi anak usia 9-12 tahun di Dusun Sentolo Lor Kulon Progo. Hal tersebut dapat dilihat dari ekspresi keceriaan anak saat menikmati proses interaksi sosial yang terjadi selama memainkan lagu dolanan Uler Cilik. Dengan adanya kegiatan bermain lagu dolanan Uler Cilik, anak di lingkungan Rukun Warga 07 Dusun Sentolo Lor dapat kembali bermain di luar ruangan dan melakukan proses interaksi sosial bersama teman-teman seusianya, sehingga mengurangi penggunaan gawai pada anak. Selain sebagai sarana interaksi sosial, melalui kegiatan bermaian ini anak juga dapat belajar berbagai macam hal, seperti melatih ketangkasan fisik, melatih konsentrasi, melatih kerja sama, melatih kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar, melatih mental dan kepercayaan diri, serta berbagai macam manfaat lainnya.