Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASSEGAF, Igbal
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
PSP
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-43491
record_format oai_dc
spelling isilib-434912021-03-21T18:22:30Z Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta ASSEGAF, Igbal Tari Ratoeh Jaroe pendidikan seni pertunjukan Metode Pembelajaran FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491 PSP/Ass/m/2020 Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terkait metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran tari Ratoeh Jaroe, sedangkan peserta ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe MAN 1 Yogyakarta dan pelatihnya adalah subjek penelitian ini. Lokasi penelitian yaitu di MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Ratoeh Jaroe pada kegiatan esktrakurikuler di MAN 1 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan efektivitas dalam pembelajaran, metode tersebut yaitu: (1). Metode ceramah, (2). Metode demonstrasi, (3). Metode latihan (drill), (4). Metode tim ahli (jigsaw), (5). Metode eksperimen, dan (6). Metode bamboo dancing. Hambatan kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta dalam proses pembelajarannya yaitu mengenai manajemen waktu dan tempat latihan. Yogyakarta xv, 93 hal.: ilus.; 30 cm. PSP http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Tari Ratoeh Jaroe
pendidikan seni pertunjukan
Metode Pembelajaran
PSP
spellingShingle Tari Ratoeh Jaroe
pendidikan seni pertunjukan
Metode Pembelajaran
PSP
ASSEGAF, Igbal
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terkait metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran tari Ratoeh Jaroe, sedangkan peserta ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe MAN 1 Yogyakarta dan pelatihnya adalah subjek penelitian ini. Lokasi penelitian yaitu di MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Ratoeh Jaroe pada kegiatan esktrakurikuler di MAN 1 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan efektivitas dalam pembelajaran, metode tersebut yaitu: (1). Metode ceramah, (2). Metode demonstrasi, (3). Metode latihan (drill), (4). Metode tim ahli (jigsaw), (5). Metode eksperimen, dan (6). Metode bamboo dancing. Hambatan kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta dalam proses pembelajarannya yaitu mengenai manajemen waktu dan tempat latihan.
format Tugas Akhir
author ASSEGAF, Igbal
author_facet ASSEGAF, Igbal
author_sort ASSEGAF, Igbal
title Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
title_short Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
title_full Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
title_fullStr Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
title_sort metode pembelajaran tari ratoeh jaroe pada kegiatan ekstrakurikuler di man 1 yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491
_version_ 1741201855422136320