Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terk...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-43491 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-434912021-03-21T18:22:30Z Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta ASSEGAF, Igbal Tari Ratoeh Jaroe pendidikan seni pertunjukan Metode Pembelajaran FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491 PSP/Ass/m/2020 Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terkait metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran tari Ratoeh Jaroe, sedangkan peserta ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe MAN 1 Yogyakarta dan pelatihnya adalah subjek penelitian ini. Lokasi penelitian yaitu di MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Ratoeh Jaroe pada kegiatan esktrakurikuler di MAN 1 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan efektivitas dalam pembelajaran, metode tersebut yaitu: (1). Metode ceramah, (2). Metode demonstrasi, (3). Metode latihan (drill), (4). Metode tim ahli (jigsaw), (5). Metode eksperimen, dan (6). Metode bamboo dancing. Hambatan kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta dalam proses pembelajarannya yaitu mengenai manajemen waktu dan tempat latihan. Yogyakarta xv, 93 hal.: ilus.; 30 cm. PSP http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Tari Ratoeh Jaroe pendidikan seni pertunjukan Metode Pembelajaran PSP |
spellingShingle |
Tari Ratoeh Jaroe pendidikan seni pertunjukan Metode Pembelajaran PSP ASSEGAF, Igbal Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta terkait metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran tari Ratoeh Jaroe, sedangkan peserta ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe MAN 1 Yogyakarta dan pelatihnya adalah subjek penelitian ini. Lokasi penelitian yaitu di MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Ratoeh Jaroe pada kegiatan esktrakurikuler di MAN 1 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan efektivitas dalam pembelajaran, metode tersebut yaitu: (1). Metode ceramah, (2). Metode demonstrasi, (3). Metode latihan (drill), (4). Metode tim ahli (jigsaw), (5). Metode eksperimen, dan (6). Metode bamboo dancing. Hambatan kelompok kegiatan ekstrakurikuler tari Ratoeh Jaroe di MAN 1 Yogyakarta dalam proses pembelajarannya yaitu mengenai manajemen waktu dan tempat latihan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
ASSEGAF, Igbal |
author_facet |
ASSEGAF, Igbal |
author_sort |
ASSEGAF, Igbal |
title |
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
title_short |
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
title_full |
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
title_fullStr |
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Metode Pembelajaran Tari Ratoeh Jaroe Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 1 Yogyakarta |
title_sort |
metode pembelajaran tari ratoeh jaroe pada kegiatan ekstrakurikuler di man 1 yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43491 |
_version_ |
1741201855422136320 |