Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa

Metode Sariswara merupakan metode pendidikan kesenian oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga unsur mata pelajaran, yaitu bahasa, lagu, dan cerita. Unsur pelajaran lagu dalam metode Sariswara memiliki keterkaitan dengan musik vokal, yakni pada penerapannya yang menggunakan nyanyian sebagai d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DIFANDI, Nadya Hanna
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43492
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-43492
record_format oai_dc
spelling isilib-434922021-03-21T18:31:42Z Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa DIFANDI, Nadya Hanna taxonomy Bloom Sariswara methid Dolanan anak Pendidikan Musik FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43492 MS/Dif/p/2020 Metode Sariswara merupakan metode pendidikan kesenian oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga unsur mata pelajaran, yaitu bahasa, lagu, dan cerita. Unsur pelajaran lagu dalam metode Sariswara memiliki keterkaitan dengan musik vokal, yakni pada penerapannya yang menggunakan nyanyian sebagai dasar pembelajaran. Penelitian ini mengkaji metode Sariswara pada tingkat dolanan anak yang mempunyai target penguasaan materi selama 4 kali pertemuan, selain itu analisis unsur elemen musik juga dilakukan dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”. Laras yang dipakai dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”, memakai laras Pelog Lima dan mempunyai interval melodi paling dekat sekon kecil serta interval melodi yang paling jauh sekt kecil. Penggunaan interval melodi yang mudah dijangkau dalam tembang dolanan membantu anak untuk dapat mengingat dan menyanyikan melodi tembang dengan mudah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis yang menggunakan studi tekstual dan kontekstual, penelitian dilakukan di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Hasil kajian dari penerapan metode Sariswara dalam tingkat dolanan anak dirangkum ke dalam sebuah struktur hierarki teori taksonomi Bloom yang terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif penerapan metode Sariswara dalam dolanan anak dapat mencapai pada tingkat ke-5 dari 6 tingkatan, ranah afektif mencangkup semua tingkatan yang terdiri dari 5 tingkat, dan ranah psikomotorik mencapai tingkat ke-6 dari 7 tingkatan. Yogyakarta ix, 67 hal.: ilus.; 30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic taxonomy Bloom
Sariswara methid
Dolanan anak
Pendidikan Musik
MS
spellingShingle taxonomy Bloom
Sariswara methid
Dolanan anak
Pendidikan Musik
MS
DIFANDI, Nadya Hanna
Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
description Metode Sariswara merupakan metode pendidikan kesenian oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga unsur mata pelajaran, yaitu bahasa, lagu, dan cerita. Unsur pelajaran lagu dalam metode Sariswara memiliki keterkaitan dengan musik vokal, yakni pada penerapannya yang menggunakan nyanyian sebagai dasar pembelajaran. Penelitian ini mengkaji metode Sariswara pada tingkat dolanan anak yang mempunyai target penguasaan materi selama 4 kali pertemuan, selain itu analisis unsur elemen musik juga dilakukan dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”. Laras yang dipakai dalam tembang dolanan “Cungkup Milang Kondhe”, memakai laras Pelog Lima dan mempunyai interval melodi paling dekat sekon kecil serta interval melodi yang paling jauh sekt kecil. Penggunaan interval melodi yang mudah dijangkau dalam tembang dolanan membantu anak untuk dapat mengingat dan menyanyikan melodi tembang dengan mudah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis yang menggunakan studi tekstual dan kontekstual, penelitian dilakukan di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Hasil kajian dari penerapan metode Sariswara dalam tingkat dolanan anak dirangkum ke dalam sebuah struktur hierarki teori taksonomi Bloom yang terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif penerapan metode Sariswara dalam dolanan anak dapat mencapai pada tingkat ke-5 dari 6 tingkatan, ranah afektif mencangkup semua tingkatan yang terdiri dari 5 tingkat, dan ranah psikomotorik mencapai tingkat ke-6 dari 7 tingkatan.
format Tugas Akhir
author DIFANDI, Nadya Hanna
author_facet DIFANDI, Nadya Hanna
author_sort DIFANDI, Nadya Hanna
title Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
title_short Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
title_full Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
title_fullStr Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
title_full_unstemmed Penerapan Metode Sariswara dalam Dolanan Anak di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa
title_sort penerapan metode sariswara dalam dolanan anak di taman kesenian ibu pawiyatan tamansiswa
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43492
_version_ 1741201855610880001