Pembelajaran Pantomim Dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Kelas VIII A Di SMP IT Ar Raihan Bambanglipuro Bantul

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni pantomim di kelas VIII A SMP IT Ar Raihan Bambanglipuro Bantul dengan menggunakan model Jigsaw. Model Jigsaw digunakan sebagai solusi dalam mengatasi proses belajar yang kurang efektif, dan kurangnya minat siswa d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FAHRI, Moh
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
PSP
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43498
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni pantomim di kelas VIII A SMP IT Ar Raihan Bambanglipuro Bantul dengan menggunakan model Jigsaw. Model Jigsaw digunakan sebagai solusi dalam mengatasi proses belajar yang kurang efektif, dan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran pantomim, dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran seni pantomim pada kelas VIII A adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan objeknya adalah pantomim dengan model Jigsaw. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni teater materi pantomim menjadi lebih efektif dan hasil belajar lebih meningkat dari sebelumnya. Model Jigsaw guru menjadi lebih terbantu dalam mengajar, karena proses pembelajaran yang dilakukan secara kolektif sehingga siswa akan saling membantu dalam memahami materi. Serta dapat menjadi solusi dalam menanggulangi proses belajar yang kurang efektif, dan siswa yang kurang aktif. Tingkat keberhasilan dari model Jigsaw adalah dari hasil evaluasi akhir, secara tertulis maupun praktik.