Kreativitas Grup Ega Robot di Bandung Jawa Barat
Ega Robot Ethnic Percussion merupakan salah satu kelompok yangkonsisten dalam melestarikan kesenian Sunda, keberadaan kelompok ini memilikidaya tarik untuk dijadikan sebagai objek penelitian tersendiri. Kreativitas EgaRobot Ethnic Percussion merupakan perkembangan kesenian tradisi sebagaipijakan unt...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43576 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Ega Robot Ethnic Percussion merupakan salah satu kelompok yangkonsisten dalam melestarikan kesenian Sunda, keberadaan kelompok ini memilikidaya tarik untuk dijadikan sebagai objek penelitian tersendiri. Kreativitas EgaRobot Ethnic Percussion merupakan perkembangan kesenian tradisi sebagaipijakan untuk berkreativitas, dalam kreativitas yang dilakukan oleh Ega RobotEthnic Percussion pada lagu Mojang Priangan ini berbeda dengan kelompokkelompokmusik lainnya dikarenakan hasil arransemen Ega Robot EthnicPercussion merupakan campuran dua elemen musik yang berbeda, yaitumemadukan gamelan salendro dengan instrumen barat sebagai iringan tarijaipongan Mojang Priangan. Metode penilitian yang digunakan untuk membedahkrativitas grup Ega Robo Ethnic Percussion menggunakan metode deskripsianalisis dengan pendekatan etnomusikologis. Hasil yang didapat dalam penelitiantersebut yaitu struktur pola lagu Mojang Priangan yang secara keseluruhanmerupakan bentuk aransemen dan transformasi dari ragam pola tepak dan iringandari berbagai kesenian tradisional di Jawa Barat, dengan menambahkan beberaparagam tepak, perpaduan instrumen barat dan tradisi dengan karya Ega yangakhirnya menimbulkan suatu ciri khas akan grup Ega Robot Ethnic Percussionyang dapat menghasilkan ruang berkreativitas untuk seniman-seniman muda dikota Bandung dalam mengembangkan musik tradisional Sunda. |
---|