Penerapan Gaya Bel Canto dalam Pembelajaran Teknik Vokal di Studio Musik Cantabile Bantul
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelatih yang menggunakan strategi yang khas yakni sesuai dengan musikalitas murid, namun tetap menggunakan teknik yang sama yaitu gaya bel canto sejak tahun 2008 hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan gaya bel ca...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43621 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelatih yang menggunakan strategi yang khas yakni sesuai dengan musikalitas murid, namun tetap menggunakan teknik yang sama yaitu gaya bel canto sejak tahun 2008 hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan gaya bel canto pada pembelajaran teknik vokal di Studio Musik Cantabile. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Materi digunakan untuk mendeskripsikan penerapan gaya bel canto dalam pembelajaran teknik vokal. Objek yang menjadi sasaran tujuan penelitian adalah penerapan gaya bel canto yang digunakan dalam pembelajaran teknik vokal di Studio Musik Cantabile. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah pemilik, pelatih, dan murid Studio Musik Cantabile Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan mendeskripsikan dan menggambarkan arti data yang telah terkumpul, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh dari keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Studio Musik Cantabile sudah menerapan gaya bel canto dalam pembelajaran teknik vokal dengan baik. Mulai dari pembentukan unsur-unsur vokal hingga penerapannya untuk penyanyi solo hingga paduan suara. Selain itu, penerapan metode latihan klasikal dan latihan mandiri yang digunakan bertujuan membentuk suara dengan maksimal. Beberapa kendala yang membuat murid tidak dapat mendapati teknik vokal dengan benar biasanya karena faktor murid yang jarang/tidak pernah melakukan latihan mandiri atau pengajar yang terlalu cepat memberikan materi kepada murid. Kata kunci: Gaya bel canto, pembelajaran teknik vokal, pendidikan nonformal, deskriptif kualitatif |
---|