Implementasi Teknik Vokal Luk, Gregel dan Crooning dalam Repertoar Tristeza
Penulisan ini membahas tentang bagaimana implementasi teknik vokal luk, gregel, dan crooning pada repertoar Tristeza dengan iringan combo keroncong. Teknik vokal luk, dan gregel merupakan teknik vokal yang digunakan dalam menyanyikan repertoar keroncong. Luk dapat diartikan sebagai bagian dari cengk...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43628 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penulisan ini membahas tentang bagaimana implementasi teknik vokal luk, gregel, dan crooning pada repertoar Tristeza dengan iringan combo keroncong. Teknik vokal luk, dan gregel merupakan teknik vokal yang digunakan dalam menyanyikan repertoar keroncong. Luk dapat diartikan sebagai bagian dari cengkok yang memperindah pembawaan lagu. Kemudian gregel merupakan hiasan dari nada yang bergerak dengan cepat. Pada penulisanya gregel dapat ditulis dengan tanda inverted mordent. Teknik vokal crooning merupakan teknik bernyanyi ringan seperti berbicara. Tristeza merupakan repertoar musik latin. Musik keroncong dan musik latin merupakan musik yang berasal dari akar yang sama. Musik latin memiliki ciri pada permainan ritmik yang kerap dipegang oleh instrumen perkusi, sedangkan ciri khas musik keroncong terletak pada instrumen cak, dan cuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penerapan metode studi dokumen, wawancara dan diskografi. Hasil yang diperoleh berupa sajian musik dengan repertoar Tristeza yang telah diaransemen dibawakan dengan iringan combo keroncong, dan implementasi teknik vokal luk, gregel, dan crooning. Dengan demikian menghasilkan nuansa musik yang baru.Kata Kunci : Luk, Gregel, Crooning, Latin, Keroncong |
---|