American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass

Musik minimal (juga disebut minimalis) adalah bentuk seni musik atau praktik komposisi lainnya yang menggunakan materi musik terbatas atau minimal. Fitur menonjol dari musik minimalis termasuk pola atau denyut yang berulang, drone yang stabil, harmoni konsonan, dan pengulangan frasa musik atau unit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mertens, Wim
Format: Katalog Pameran/Karya
Language:English
Published: Kahn & Averill 1983
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43693
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-43693
record_format oai_dc
spelling isilib-436931983-08-24T00:00:00Z American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass Mertens, Wim Music Minimal music 20th century Kahn & Averill 1983 en Katalog Pameran/Karya http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43693 978-1-871082-00-5 783.609 2 Mer a Musik minimal (juga disebut minimalis) adalah bentuk seni musik atau praktik komposisi lainnya yang menggunakan materi musik terbatas atau minimal. Fitur menonjol dari musik minimalis termasuk pola atau denyut yang berulang, drone yang stabil, harmoni konsonan, dan pengulangan frasa musik atau unit yang lebih kecil. Ini mungkin termasuk fitur seperti pergeseran fase, menghasilkan apa yang disebut musik fase, atau teknik proses yang mengikuti aturan ketat, biasanya digambarkan sebagai musik proses. Pendekatan tersebut ditandai dengan pendekatan non-naratif, non-teleologis, dan non-representasional, dan menarik perhatian pada aktivitas mendengarkan dengan memusatkan perhatian pada proses internal musik. Pendekatan ini berasal dari kancah New York Downtown tahun 1960-an dan awalnya dipandang sebagai bentuk musik eksperimental yang disebut Sekolah Hipnotis New York. Dalam tradisi musik seni Barat, komposer Amerika La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, dan Philip Glass dikreditkan sebagai orang pertama yang mengembangkan teknik komposisi yang memanfaatkan pendekatan minimal. Gerakan ini awalnya melibatkan lusinan komposer, meskipun hanya lima (Young, Riley, Reich, Glass, dan kemudian John Adams) muncul untuk dikaitkan secara publik dengan musik minimal Amerika; pionir lain yang kurang dikenal termasuk Pauline Oliveros, Phill Niblock, dan Richard Maxfield. Di Eropa, musik Louis Andriessen, Karel Goeyvaerts, Michael Nyman, Howard Skempton, Eliane Radigue, Gavin Bryars, Steve Martland, Henryk Górecki, Arvo Pärt dan John Tavener menunjukkan ciri-ciri minimalis. London http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.1.4.2021.jpg.jpg&width=200 128 hal. : parts. ; 21 cm. 783.609 2 http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.1.4.2021.jpg.jpg&width=200
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language English
topic Music
Minimal music
20th century
783.609 2
spellingShingle Music
Minimal music
20th century
783.609 2
Mertens, Wim
American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
description Musik minimal (juga disebut minimalis) adalah bentuk seni musik atau praktik komposisi lainnya yang menggunakan materi musik terbatas atau minimal. Fitur menonjol dari musik minimalis termasuk pola atau denyut yang berulang, drone yang stabil, harmoni konsonan, dan pengulangan frasa musik atau unit yang lebih kecil. Ini mungkin termasuk fitur seperti pergeseran fase, menghasilkan apa yang disebut musik fase, atau teknik proses yang mengikuti aturan ketat, biasanya digambarkan sebagai musik proses. Pendekatan tersebut ditandai dengan pendekatan non-naratif, non-teleologis, dan non-representasional, dan menarik perhatian pada aktivitas mendengarkan dengan memusatkan perhatian pada proses internal musik. Pendekatan ini berasal dari kancah New York Downtown tahun 1960-an dan awalnya dipandang sebagai bentuk musik eksperimental yang disebut Sekolah Hipnotis New York. Dalam tradisi musik seni Barat, komposer Amerika La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, dan Philip Glass dikreditkan sebagai orang pertama yang mengembangkan teknik komposisi yang memanfaatkan pendekatan minimal. Gerakan ini awalnya melibatkan lusinan komposer, meskipun hanya lima (Young, Riley, Reich, Glass, dan kemudian John Adams) muncul untuk dikaitkan secara publik dengan musik minimal Amerika; pionir lain yang kurang dikenal termasuk Pauline Oliveros, Phill Niblock, dan Richard Maxfield. Di Eropa, musik Louis Andriessen, Karel Goeyvaerts, Michael Nyman, Howard Skempton, Eliane Radigue, Gavin Bryars, Steve Martland, Henryk Górecki, Arvo Pärt dan John Tavener menunjukkan ciri-ciri minimalis.
format Katalog Pameran/Karya
author Mertens, Wim
author_facet Mertens, Wim
author_sort Mertens, Wim
title American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
title_short American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
title_full American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
title_fullStr American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
title_full_unstemmed American minimal music: La Monte Young, Terry Riley, Steve Reich, Philip Glass
title_sort american minimal music: la monte young, terry riley, steve reich, philip glass
publisher Kahn & Averill
publishDate 1983
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43693
callnumber-raw http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.1.4.2021.jpg.jpg&width=200
callnumber-search http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.1.4.2021.jpg.jpg&width=200
_version_ 1741201893590302720