Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas
Karya tugas akhir penciptaan seni yang berjudul Membangun Surprise pada Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritan Terbatas merupakan sebuah karya film fiksi pendek, mengangkat kisah seorang perempuan bernama Nia ingin balas dendam untuk memperjuangkan haknya sebagai perempuan yang telah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43761 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-43761 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-437612021-05-05T14:42:28Z Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas MARYAMAH, Nancy Aristia penyutradaraan fiksi FSMR ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43761 TV/Mar/m/2020 Karya tugas akhir penciptaan seni yang berjudul Membangun Surprise pada Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritan Terbatas merupakan sebuah karya film fiksi pendek, mengangkat kisah seorang perempuan bernama Nia ingin balas dendam untuk memperjuangkan haknya sebagai perempuan yang telah dirampas oleh seorang pelaku pelecehan, namun pelaku pelecehan tersebut sempat bebas dari jerat hukum, sehingga Nia melakukan sebuah tindakan dengan cara merelakan diri apabila nantinya harus kembali mendapat tindakan pelecehan. Semua yang dilalukan merupakan upaya balas dendam Nia untuk memasukkan pelaku pecehan yang bernama Adrian ke dalam penjara. Judul “Hipokrit” dipilih untuk menggambarkan film yang menceritakan tentang kisah perlawanan seorang perempuan atas tindakan diskriminasi, namun dalam upaya perlawanannya perempuan tersebut harus berpura-pura. Penceritaan terbatas merupakan konsep utama dari penyutradraan, penonton fokus pada karakter tokoh utama terkait adegan dan dialog dalam menyampaikan sebuah informasi. Konsep tersebut didukung oleh elemen-elemen secara naratif dan sinematik untuk membangun surprise pada akhir cerita. Surprise muncul melalui tindakan karakter tokoh utama dalam menghadapi situasi. Surprise yang dibangun melalui karakter tokoh utama adalah perubahan karakter tokoh, pada awal film Nia merupakan perempuan yang lemah dan tak berdaya dalam menghadapi situasi, namun di akhir film ternyata Nia merupakan perempuan yang cerdas dan kuat. Perubahan karakter tokoh Nia dari perempuan tak berdaya dalam menghadapi situasi menjadi perempuan yang kuat dalam mengendalikan situasi merupakan sebuah surprise yang dihadirkan di akhir film.Kata Kunci : film fiksi, penyutradaraan, penceritan terbatas. Yogyakarta xix+145 hal.; ilus.;bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
penyutradaraan fiksi NONE |
spellingShingle |
penyutradaraan fiksi NONE MARYAMAH, Nancy Aristia Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
description |
Karya tugas akhir penciptaan seni yang berjudul Membangun Surprise pada Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritan Terbatas merupakan sebuah karya film fiksi pendek, mengangkat kisah seorang perempuan bernama Nia ingin balas dendam untuk memperjuangkan haknya sebagai perempuan yang telah dirampas oleh seorang pelaku pelecehan, namun pelaku pelecehan tersebut sempat bebas dari jerat hukum, sehingga Nia melakukan sebuah tindakan dengan cara merelakan diri apabila nantinya harus kembali mendapat tindakan pelecehan. Semua yang dilalukan merupakan upaya balas dendam Nia untuk memasukkan pelaku pecehan yang bernama Adrian ke dalam penjara. Judul “Hipokrit” dipilih untuk menggambarkan film yang menceritakan tentang kisah perlawanan seorang perempuan atas tindakan diskriminasi, namun dalam upaya perlawanannya perempuan tersebut harus berpura-pura. Penceritaan terbatas merupakan konsep utama dari penyutradraan, penonton fokus pada karakter tokoh utama terkait adegan dan dialog dalam menyampaikan sebuah informasi. Konsep tersebut didukung oleh elemen-elemen secara naratif dan sinematik untuk membangun surprise pada akhir cerita. Surprise muncul melalui tindakan karakter tokoh utama dalam menghadapi situasi. Surprise yang dibangun melalui karakter tokoh utama adalah perubahan karakter tokoh, pada awal film Nia merupakan perempuan yang lemah dan tak berdaya dalam menghadapi situasi, namun di akhir film ternyata Nia merupakan perempuan yang cerdas dan kuat. Perubahan karakter tokoh Nia dari perempuan tak berdaya dalam menghadapi situasi menjadi perempuan yang kuat dalam mengendalikan situasi merupakan sebuah surprise yang dihadirkan di akhir film.Kata Kunci : film fiksi, penyutradaraan, penceritan terbatas. |
format |
Tugas Akhir |
author |
MARYAMAH, Nancy Aristia |
author_facet |
MARYAMAH, Nancy Aristia |
author_sort |
MARYAMAH, Nancy Aristia |
title |
Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
title_short |
Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
title_full |
Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
title_fullStr |
Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
title_full_unstemmed |
Membangun Surprise dalam Penyutradaraan Film Fiksi “Hipokrit” dengan Penceritaan Terbatas |
title_sort |
membangun surprise dalam penyutradaraan film fiksi “hipokrit” dengan penceritaan terbatas |
publisher |
FSMR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43761 |
_version_ |
1741201906380832768 |