Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu"
Tujuan skripsi ini adalah untuk memproyeksikan kesan Dayu menjadi suara atau menjadi kualitas akor yang terbentuk pada struktur komposisi musik, serta menempatkan timbre melalui orientasi subjektif yang telah diberikan secara kontekstual. Implementasi akor substitusi unsur musik Bebop ke dalam kompo...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Seni Musik FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43800 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-43800 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-438002021-05-10T11:54:07Z Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" RAMING, Yusran Surya Implementasi akor substitusi komposisi musik Jur. Seni Musik FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43800 MS/Ram/i/2020 Tujuan skripsi ini adalah untuk memproyeksikan kesan Dayu menjadi suara atau menjadi kualitas akor yang terbentuk pada struktur komposisi musik, serta menempatkan timbre melalui orientasi subjektif yang telah diberikan secara kontekstual. Implementasi akor substitusi unsur musik Bebop ke dalam komposisi musik Dayu merupakan makna yang mewujudkan intensionalitas dasar subjek terhadap dua selera musik yang berbeda, dimana istilah Dayu dimaknai sebagai subjek yang berada diantara dua rasa yang berbeda atau situasi yang berlawanan namun subjek memilih untuk tenang berada ditengah situasi dilema itu, sehingga subjek dapat menciptakan keselarasan yang berbuahkan hasil. Secara spesifik dapat dimaknai sebagai ketenangan di antara dua jenis musik yaitu musik Bebop dan musik Metal.Dayu sebuah karya komposisi yang menggunakan dua unsur jenis musik antara musik Bebop dan musik Metal. Pada musik Bebop menggunakan teknik substitusi akor sedangkan pada musik Metal menggunakan idiom yang identik dengan penggunaan bunyi distorsi pada instrumen gitar serta perubahan tempo dan pergantian sukat yang cukup intens. Aspek fenomenologi digunakan sebagai metode untuk mewujudkan kesan Dayu secara persepsual pada komposisi musik, metode yang digunakan ialah Motilitas Merleau Ponty dan Emplasemen Timbre Casey. Hasil dari skripsi ini adalah suasana Dayu diproyeksikan menjadi kualitas akor melalui Motilitas dan modus dipersepsikan sebagai Timbre yang diberikan pada kualitas akor melalui Emplasemen. Yogyakarta xiv, 285 hal.: not.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Implementasi akor substitusi komposisi musik NONE |
spellingShingle |
Implementasi akor substitusi komposisi musik NONE RAMING, Yusran Surya Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
description |
Tujuan skripsi ini adalah untuk memproyeksikan kesan Dayu menjadi suara atau menjadi kualitas akor yang terbentuk pada struktur komposisi musik, serta menempatkan timbre melalui orientasi subjektif yang telah diberikan secara kontekstual. Implementasi akor substitusi unsur musik Bebop ke dalam komposisi musik Dayu merupakan makna yang mewujudkan intensionalitas dasar subjek terhadap dua selera musik yang berbeda, dimana istilah Dayu dimaknai sebagai subjek yang berada diantara dua rasa yang berbeda atau situasi yang berlawanan namun subjek memilih untuk tenang berada ditengah situasi dilema itu, sehingga subjek dapat menciptakan keselarasan yang berbuahkan hasil. Secara spesifik dapat dimaknai sebagai ketenangan di antara dua jenis musik yaitu musik Bebop dan musik Metal.Dayu sebuah karya komposisi yang menggunakan dua unsur jenis musik antara musik Bebop dan musik Metal. Pada musik Bebop menggunakan teknik substitusi akor sedangkan pada musik Metal menggunakan idiom yang identik dengan penggunaan bunyi distorsi pada instrumen gitar serta perubahan tempo dan pergantian sukat yang cukup intens. Aspek fenomenologi digunakan sebagai metode untuk mewujudkan kesan Dayu secara persepsual pada komposisi musik, metode yang digunakan ialah Motilitas Merleau Ponty dan Emplasemen Timbre Casey. Hasil dari skripsi ini adalah suasana Dayu diproyeksikan menjadi kualitas akor melalui Motilitas dan modus dipersepsikan sebagai Timbre yang diberikan pada kualitas akor melalui Emplasemen. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RAMING, Yusran Surya |
author_facet |
RAMING, Yusran Surya |
author_sort |
RAMING, Yusran Surya |
title |
Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
title_short |
Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
title_full |
Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
title_fullStr |
Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
title_full_unstemmed |
Implementasi Akor Substitusi dalam Komposisi Musik "Dayu" |
title_sort |
implementasi akor substitusi dalam komposisi musik "dayu" |
publisher |
Jur. Seni Musik FSP ISI Yk. |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43800 |
_version_ |
1741201913741836288 |