Pembelajaran Piano untuk Murid Tunanetra

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano murid tunanetra di Indonesia Piano Art. Hilangnya penglihatan pada tunanetra mejadi salah satu kendala pada pembelajaran piano. Maka dari itu, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus menyesuaikan dengan kondisi tunanetra. Pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MEIVINA, Skolastika Nada
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Seni Musik FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43808
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano murid tunanetra di Indonesia Piano Art. Hilangnya penglihatan pada tunanetra mejadi salah satu kendala pada pembelajaran piano. Maka dari itu, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus menyesuaikan dengan kondisi tunanetra. Pendekatan hearing merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai media pembelajaran piano murid tunanetra. Guru memanfaatkan pendengaran murid tunanetra dalam pembelajaran. Guru akan memainkan beberapa bagian (satu kalimat lagu) untuk kemudian ditirukan dan dihafal oleh murid tunanetra. Cara ini dilakukan berulang dan bertahap sampai keseluruhan lagu selesai. Selain memanfaatkan pendengaran murid, guru juga memanfaatkan peraba dari murid tunanetra untuk menghafalkan letak tuts piano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif. Subjek penelitian merupakan sumber data yang dipilih secara purposive. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan hearing efektif digunakan untuk pembelajaran piano murid tunanetra karena sangat membantu pembelajaran dan mempermudah murid tunanetra dalam merespon materi.