Studi Motivasi Pendonor Crowfunding pada Kelompok Musik Jono Terbakar

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pendonor crowdfunding pada kelompok musik Jono Terbakar. Jono Terbakar telah melakukan 5 kali crowdfunding untuk pendanaan produksi album. Menurut Gerber & Hui (2014), crowdfunding adalah penggalangan daring terhadap sumber daya kepada orang banyak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LANISY, Nihan Anindyaputra
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43853
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pendonor crowdfunding pada kelompok musik Jono Terbakar. Jono Terbakar telah melakukan 5 kali crowdfunding untuk pendanaan produksi album. Menurut Gerber & Hui (2014), crowdfunding adalah penggalangan daring terhadap sumber daya kepada orang banyak yang kadang melibatkan imbalan. Imbalan membedakan crowdfunding dengan penggalangan donasi. Jono Terbakar telah melakukan crowdfunding melalui platform digital yang ada (kolase.com, kitabisa.com, wujudkan.com) dan juga pernah menggunakna website jonoterbakar.com untuk melakukan crowdfunding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus analisis deskriptif. Pada peneltiain ini, motivasi dibagi menjadi dua variabel: intrinsic dan ekstrinsik. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa mayoritas narasumber mengikuti crowdfunding dengan motivasi intrinsic yaitu “mendukung gagasan” dan “membantu orang lain”.