Manajemen Pembelajaran pada Kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan tentang pengelolaan manajemen pembelajaran yang terdapat pada kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP PawyatanDaha 1 Kediri. Pengelolaan program PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri berbeda dengan sekolah yang tergabung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURTI, Dewi RatriKalingga
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43854
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan tentang pengelolaan manajemen pembelajaran yang terdapat pada kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi (PPST) di SMP PawyatanDaha 1 Kediri. Pengelolaan program PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri berbeda dengan sekolah yang tergabung dalam program PPST yang lain. Program PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri dijadikan sebagai kelas unggulan bidang seni.Kelas tersebut diberi nama kelas PPST. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitan ini adalah pengelola dan pendidik/guru kelas PPST.Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari koordinator kelas PPST dan pengajar untuk mengetahui proses manajemen pembelajaran pada kelas PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pada kelas PPST di SMP PawyatanDaha 1 Kediri berjalan dengan baik. Manajemen tersebut dimulai dari tahap perencanaan untuk merencanakan materi, kegiatan, pendidik dan peserta didik, media dan sumber, serta waktu pembelajaran. Kemudian proses manajemen dilanjutkan dengan pengorganisasian kelas. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas dan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran terkadang berjalan tidak sesuai dengan perencanaan, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Setelah proses pelaksanaan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara tes maupun non tes. Tujuan evaluasi pembelajaran untuk penilaian diri serta refleksi kekurangan dari proses manajemen pembelajaran yang terjadi pada kelas PPST di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri.Kata kunci: manajemen pembelajaran, program PPST, SMP Pawyatan Daha I Kediri