Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok

Karya komposisi karawitan berjudul Ngek Ngok ini dilatarbelakangi oleh fenomena musikal ricikan rebab dalam karawitan Jawa. Permainan rebab pada umumnya digarap secara melankolis. Padahal secara kompositoris rebab dapat dikembangkan lebih dinamis baik secara musikal (teknik, pola, garap) maupun orga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44012
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44012
record_format oai_dc
spelling isilib-440122021-06-08T14:51:07Z Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji karawitan jawa FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44012 KW/Sep/r/2021 Karya komposisi karawitan berjudul Ngek Ngok ini dilatarbelakangi oleh fenomena musikal ricikan rebab dalam karawitan Jawa. Permainan rebab pada umumnya digarap secara melankolis. Padahal secara kompositoris rebab dapat dikembangkan lebih dinamis baik secara musikal (teknik, pola, garap) maupun organologi (ukuran). Rebab memiliki keunikan di antara ricikan yang ada pada gamelan Jawa, yaitu nada yang luwes, dimainkan dengan digesek, tidak memiliki konsep panerus, barung, dan panembung. Penulis ingin mewujudkan ide dan gagasan yang mengacu pada tahapan pengembangan teknik, pola dan organologi rebab ke dalam karya komposisi karawitan. Langkah-langkah yang digunakan untuk mewujudkan karya ini meliputi observasi, realisasi karya, dan presentasi. Dalam proses penciptaan karya komposisi ini melalui tahapan meliputi eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Karya komposisi Ngek Ngok terdiri dari tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan bagian akhir. Pada bagian awal, penggarapan fokus kepada garap tradisi baik dari segi teknik, pola maupun organologi. Pada bagian tengah, karya ini fokus pada pengembangan teknik, pola, dan organologi rebab. Bagian akhir merupakan penggabungan antara teknik, pola, dan organologi rebab yang terinspirasi dari instrumen gesek pada musik barat. Media yang digunakan adalah enam buah rebab barung, dua buah rebab panerus, dan dua buah rebab panembung. Tujuan penciptaan karya ini adalah sebagai pembuktian dibalik permainan rebab yang melankolis ternyata bisa menghasilkan karya yang unik, menarik, dan dinamis. Kata Kunci : Ngek Ngok, komposisi, rebab Yogyakarta xv+75 hal.; notasi.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic karawitan jawa
NONE
spellingShingle karawitan jawa
NONE
SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji
Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
description Karya komposisi karawitan berjudul Ngek Ngok ini dilatarbelakangi oleh fenomena musikal ricikan rebab dalam karawitan Jawa. Permainan rebab pada umumnya digarap secara melankolis. Padahal secara kompositoris rebab dapat dikembangkan lebih dinamis baik secara musikal (teknik, pola, garap) maupun organologi (ukuran). Rebab memiliki keunikan di antara ricikan yang ada pada gamelan Jawa, yaitu nada yang luwes, dimainkan dengan digesek, tidak memiliki konsep panerus, barung, dan panembung. Penulis ingin mewujudkan ide dan gagasan yang mengacu pada tahapan pengembangan teknik, pola dan organologi rebab ke dalam karya komposisi karawitan. Langkah-langkah yang digunakan untuk mewujudkan karya ini meliputi observasi, realisasi karya, dan presentasi. Dalam proses penciptaan karya komposisi ini melalui tahapan meliputi eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Karya komposisi Ngek Ngok terdiri dari tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan bagian akhir. Pada bagian awal, penggarapan fokus kepada garap tradisi baik dari segi teknik, pola maupun organologi. Pada bagian tengah, karya ini fokus pada pengembangan teknik, pola, dan organologi rebab. Bagian akhir merupakan penggabungan antara teknik, pola, dan organologi rebab yang terinspirasi dari instrumen gesek pada musik barat. Media yang digunakan adalah enam buah rebab barung, dua buah rebab panerus, dan dua buah rebab panembung. Tujuan penciptaan karya ini adalah sebagai pembuktian dibalik permainan rebab yang melankolis ternyata bisa menghasilkan karya yang unik, menarik, dan dinamis. Kata Kunci : Ngek Ngok, komposisi, rebab
format Tugas Akhir
author SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji
author_facet SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji
author_sort SEPUTRA, Shandro Wisnu Aji
title Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
title_short Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
title_full Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
title_fullStr Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
title_full_unstemmed Rebab Konvensional sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok
title_sort rebab konvensional sebagai sumber inspirasi pengembangan karya komposisi ngek ngok
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44012
_version_ 1741201953144176640