Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44013 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-440132021-06-08T14:55:34Z Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique SINULINGGA, Teberia br Sonata Phatetique Latihan Piano Chaffin Prosedur Imreh FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013 MS/Sin/p/2021 Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melatih interpretasi atau teknik terlebih dahulu, yang akhirnya latihan menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penerapan prosedur latihan Gabriela Imreh kepada salah satu mahasiswa piano Angkatan 2019 dalam proses latihan karya Sonata Phatetique Movement III Rondo karya Beethoven. Peneliti memilih prosedur latihan ini karena melihat Roger Chaffin merangkum proses latihan piano dengan struktur yang jelas. Latihan terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi dasar, dimensi interpretatif, dan ketika performance cues. Prosedur latihan Imreh memberi target yang ingin dicapai pada setiap dimensinya dimulai dari awal memulai latihan, membahas interpretasi, dan proses menghapal. Penerapan prosedur latihan ini dilakukan dalam 13 kali pertemuan, dimana 9 pertemuan dilakukan melalui video call, 1 pertemuan dilakukan di rumah mahasiswa, dan 3 kali pertemuan dilakukan di kampus. Setelah penerapan latihan selesai, mahasiswa beranggapan bahwa prosedur latihan Imreh membantunya dalam memahami apa yang sedang ia mainkan. Mempunyai target setiap kali latihan, memberikan efek pada perkembangan latihannya karna latihan lebih terarah dan mengetahui fokus yang ingin ia tuju. Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan bahwa prosedur latihan ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan mahasiswa dalam latihan sehari-hari untuk membantu latihan lebih terstuktur. Yogyakarta xv, 117 hal.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Sonata Phatetique Latihan Piano Chaffin Prosedur Imreh NONE |
spellingShingle |
Sonata Phatetique Latihan Piano Chaffin Prosedur Imreh NONE SINULINGGA, Teberia br Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
description |
Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melatih interpretasi atau teknik terlebih dahulu, yang akhirnya latihan menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penerapan prosedur latihan Gabriela Imreh kepada salah satu mahasiswa piano Angkatan 2019 dalam proses latihan karya Sonata Phatetique Movement III Rondo karya Beethoven. Peneliti memilih prosedur latihan ini karena melihat Roger Chaffin merangkum proses latihan piano dengan struktur yang jelas. Latihan terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi dasar, dimensi interpretatif, dan ketika performance cues. Prosedur latihan Imreh memberi target yang ingin dicapai pada setiap dimensinya dimulai dari awal memulai latihan, membahas interpretasi, dan proses menghapal. Penerapan prosedur latihan ini dilakukan dalam 13 kali pertemuan, dimana 9 pertemuan dilakukan melalui video call, 1 pertemuan dilakukan di rumah mahasiswa, dan 3 kali pertemuan dilakukan di kampus. Setelah penerapan latihan selesai, mahasiswa beranggapan bahwa prosedur latihan Imreh membantunya dalam memahami apa yang sedang ia mainkan. Mempunyai target setiap kali latihan, memberikan efek pada perkembangan latihannya karna latihan lebih terarah dan mengetahui fokus yang ingin ia tuju. Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan bahwa prosedur latihan ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan mahasiswa dalam latihan sehari-hari untuk membantu latihan lebih terstuktur. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SINULINGGA, Teberia br |
author_facet |
SINULINGGA, Teberia br |
author_sort |
SINULINGGA, Teberia br |
title |
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
title_short |
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
title_full |
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
title_fullStr |
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
title_full_unstemmed |
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique |
title_sort |
penerapan prosedur imreh pada mahasiswa piano institut seni indonesia yogyakarta dakam sonata phatetique |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013 |
_version_ |
1741201953338163200 |