Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique

Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SINULINGGA, Teberia br
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44013
record_format oai_dc
spelling isilib-440132021-06-08T14:55:34Z Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique SINULINGGA, Teberia br Sonata Phatetique Latihan Piano Chaffin Prosedur Imreh FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013 MS/Sin/p/2021 Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melatih interpretasi atau teknik terlebih dahulu, yang akhirnya latihan menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penerapan prosedur latihan Gabriela Imreh kepada salah satu mahasiswa piano Angkatan 2019 dalam proses latihan karya Sonata Phatetique Movement III Rondo karya Beethoven. Peneliti memilih prosedur latihan ini karena melihat Roger Chaffin merangkum proses latihan piano dengan struktur yang jelas. Latihan terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi dasar, dimensi interpretatif, dan ketika performance cues. Prosedur latihan Imreh memberi target yang ingin dicapai pada setiap dimensinya dimulai dari awal memulai latihan, membahas interpretasi, dan proses menghapal. Penerapan prosedur latihan ini dilakukan dalam 13 kali pertemuan, dimana 9 pertemuan dilakukan melalui video call, 1 pertemuan dilakukan di rumah mahasiswa, dan 3 kali pertemuan dilakukan di kampus. Setelah penerapan latihan selesai, mahasiswa beranggapan bahwa prosedur latihan Imreh membantunya dalam memahami apa yang sedang ia mainkan. Mempunyai target setiap kali latihan, memberikan efek pada perkembangan latihannya karna latihan lebih terarah dan mengetahui fokus yang ingin ia tuju. Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan bahwa prosedur latihan ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan mahasiswa dalam latihan sehari-hari untuk membantu latihan lebih terstuktur. Yogyakarta xv, 117 hal.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Sonata Phatetique
Latihan Piano
Chaffin
Prosedur Imreh
NONE
spellingShingle Sonata Phatetique
Latihan Piano
Chaffin
Prosedur Imreh
NONE
SINULINGGA, Teberia br
Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
description Sebagai mahasiswa musik, latihan adalah satu kewajiban yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan matakuliah instrument. Hanya saja hasil kuesioner dengan mahasiswa piano, mahasiswa mengalami kesulitan menentukan target selama latihan. selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memilih untuk melatih interpretasi atau teknik terlebih dahulu, yang akhirnya latihan menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penerapan prosedur latihan Gabriela Imreh kepada salah satu mahasiswa piano Angkatan 2019 dalam proses latihan karya Sonata Phatetique Movement III Rondo karya Beethoven. Peneliti memilih prosedur latihan ini karena melihat Roger Chaffin merangkum proses latihan piano dengan struktur yang jelas. Latihan terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi dasar, dimensi interpretatif, dan ketika performance cues. Prosedur latihan Imreh memberi target yang ingin dicapai pada setiap dimensinya dimulai dari awal memulai latihan, membahas interpretasi, dan proses menghapal. Penerapan prosedur latihan ini dilakukan dalam 13 kali pertemuan, dimana 9 pertemuan dilakukan melalui video call, 1 pertemuan dilakukan di rumah mahasiswa, dan 3 kali pertemuan dilakukan di kampus. Setelah penerapan latihan selesai, mahasiswa beranggapan bahwa prosedur latihan Imreh membantunya dalam memahami apa yang sedang ia mainkan. Mempunyai target setiap kali latihan, memberikan efek pada perkembangan latihannya karna latihan lebih terarah dan mengetahui fokus yang ingin ia tuju. Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan bahwa prosedur latihan ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan mahasiswa dalam latihan sehari-hari untuk membantu latihan lebih terstuktur.
format Tugas Akhir
author SINULINGGA, Teberia br
author_facet SINULINGGA, Teberia br
author_sort SINULINGGA, Teberia br
title Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
title_short Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
title_full Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
title_fullStr Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
title_full_unstemmed Penerapan Prosedur Imreh pada Mahasiswa Piano Institut Seni Indonesia Yogyakarta Dakam Sonata Phatetique
title_sort penerapan prosedur imreh pada mahasiswa piano institut seni indonesia yogyakarta dakam sonata phatetique
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44013
_version_ 1741201953338163200