Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta

Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BAGARIANG, Yohana
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44016
record_format oai_dc
spelling isilib-440162021-06-08T15:05:06Z Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta BAGARIANG, Yohana Musik pendidikan FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016 MS/Bag/s/2021 Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula melalui media audio visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada 6 (enam) orang peserta didik vokal pemula Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran dan tahap evaluasi. Strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula ini dilakukan dengan pengamatan lapangan dan data penerapan media audio visual video bagi peserta didik vokal pop pemula. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik vokal mampu dan berani tampil bernyanyi di kelas, dapat menikmati belajar vokal dengan media audio visual berupa video, mampu memahami materi pemanasan vokal, pemanasan artikulasi, mampu menunjukkan ketepatan nada dalam bernyanyi, ketepatan dalam melafalkan syair lagu dan mampu menghafal lagu. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Vokal, Media Audio Visual, Video Yogyakarta ix+67 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik pendidikan
NONE
spellingShingle Musik pendidikan
NONE
BAGARIANG, Yohana
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
description Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula melalui media audio visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada 6 (enam) orang peserta didik vokal pemula Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran dan tahap evaluasi. Strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula ini dilakukan dengan pengamatan lapangan dan data penerapan media audio visual video bagi peserta didik vokal pop pemula. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik vokal mampu dan berani tampil bernyanyi di kelas, dapat menikmati belajar vokal dengan media audio visual berupa video, mampu memahami materi pemanasan vokal, pemanasan artikulasi, mampu menunjukkan ketepatan nada dalam bernyanyi, ketepatan dalam melafalkan syair lagu dan mampu menghafal lagu. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Vokal, Media Audio Visual, Video
format Tugas Akhir
author BAGARIANG, Yohana
author_facet BAGARIANG, Yohana
author_sort BAGARIANG, Yohana
title Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
title_short Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
title_full Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
title_fullStr Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
title_full_unstemmed Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
title_sort strategi pembelajaran vokal pop pemula melalui media audio visual di purwa caraka musik studio gedong kuning yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016
_version_ 1741201953916977152