Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta
Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44016 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-440162021-06-08T15:05:06Z Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta BAGARIANG, Yohana Musik pendidikan FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016 MS/Bag/s/2021 Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula melalui media audio visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada 6 (enam) orang peserta didik vokal pemula Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran dan tahap evaluasi. Strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula ini dilakukan dengan pengamatan lapangan dan data penerapan media audio visual video bagi peserta didik vokal pop pemula. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik vokal mampu dan berani tampil bernyanyi di kelas, dapat menikmati belajar vokal dengan media audio visual berupa video, mampu memahami materi pemanasan vokal, pemanasan artikulasi, mampu menunjukkan ketepatan nada dalam bernyanyi, ketepatan dalam melafalkan syair lagu dan mampu menghafal lagu. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Vokal, Media Audio Visual, Video Yogyakarta ix+67 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Musik pendidikan NONE |
spellingShingle |
Musik pendidikan NONE BAGARIANG, Yohana Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
description |
Media audio visual terdiri dari beberapa macam, salah satu diantaranya yaitu video. Video adalah suatu medium yang dapat membantu dalam proses penyampaian materi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula dan hasil strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula melalui media audio visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada 6 (enam) orang peserta didik vokal pemula Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Miles and Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran dan tahap evaluasi. Strategi pembelajaran vokal pop bagi pemula ini dilakukan dengan pengamatan lapangan dan data penerapan media audio visual video bagi peserta didik vokal pop pemula. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik vokal mampu dan berani tampil bernyanyi di kelas, dapat menikmati belajar vokal dengan media audio visual berupa video, mampu memahami materi pemanasan vokal, pemanasan artikulasi, mampu menunjukkan ketepatan nada dalam bernyanyi, ketepatan dalam melafalkan syair lagu dan mampu menghafal lagu. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Vokal, Media Audio Visual, Video |
format |
Tugas Akhir |
author |
BAGARIANG, Yohana |
author_facet |
BAGARIANG, Yohana |
author_sort |
BAGARIANG, Yohana |
title |
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
title_short |
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
title_full |
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
title_fullStr |
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Strategi Pembelajaran Vokal Pop Pemula Melalui Media Audio Visual di Purwa Caraka Musik Studio Gedong Kuning Yogyakarta |
title_sort |
strategi pembelajaran vokal pop pemula melalui media audio visual di purwa caraka musik studio gedong kuning yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44016 |
_version_ |
1741201953916977152 |