Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging

Pergulatan hati dalam diri manusia yang terjadi pada lingkungan baru. Menciptakan setiap refleksi pada apa yang akan dilakukannya. Ide cerita tentang sebuah renungan diwujudkan kedalam tindakan, menjadi benang merah dalam proses pengembangan ide kreatif penciptaan aniamsi “Singgah” sebagai kesadaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIZAL, Muhammad
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSMR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44033
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pergulatan hati dalam diri manusia yang terjadi pada lingkungan baru. Menciptakan setiap refleksi pada apa yang akan dilakukannya. Ide cerita tentang sebuah renungan diwujudkan kedalam tindakan, menjadi benang merah dalam proses pengembangan ide kreatif penciptaan aniamsi “Singgah” sebagai kesadaran dalam diri manusia saat diliputi keresahan hati nurani. Menjadikan animasi 2D dengan teknik rigging untuk menganimasikan gerak wayang ornamen dengan satu gambar sebagai inspirasi dalam penceritaan film. Proses penciptaan melalui 3 tahapan yaitu praproduksi (riset dan konsep, penulisan cerita, desain karakter, storyboard), produksi (seketsa karakter dan latar, musik, rigging, animating, clean-up, colouring, background), dan pascaproduksi (compositing, editing, rendering, mastering). Film Animasi 2D “Singgah” berdurasi 3 menit 32 detik. Memiliki 4 scene dan 10 shot dengan total 5088 frame dan format Full HD 1980x1080px (16:9) 24 fps Pada animasi ini menerapkan teknik rigging dalam menggambarkan kehalusan gerakan karakter wayang ornamen yang dibuat secara tradisional.Kata kunci : animasi, renungan, rigging, wayang dan ornamen.