Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging
Pergulatan hati dalam diri manusia yang terjadi pada lingkungan baru. Menciptakan setiap refleksi pada apa yang akan dilakukannya. Ide cerita tentang sebuah renungan diwujudkan kedalam tindakan, menjadi benang merah dalam proses pengembangan ide kreatif penciptaan aniamsi “Singgah” sebagai kesadaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44033 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44033 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-440332021-06-09T12:11:04Z Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging RIZAL, Muhammad Ornamen Wayang rigging FSMR ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44033 D3/AM/Riz/p/2021 Pergulatan hati dalam diri manusia yang terjadi pada lingkungan baru. Menciptakan setiap refleksi pada apa yang akan dilakukannya. Ide cerita tentang sebuah renungan diwujudkan kedalam tindakan, menjadi benang merah dalam proses pengembangan ide kreatif penciptaan aniamsi “Singgah” sebagai kesadaran dalam diri manusia saat diliputi keresahan hati nurani. Menjadikan animasi 2D dengan teknik rigging untuk menganimasikan gerak wayang ornamen dengan satu gambar sebagai inspirasi dalam penceritaan film. Proses penciptaan melalui 3 tahapan yaitu praproduksi (riset dan konsep, penulisan cerita, desain karakter, storyboard), produksi (seketsa karakter dan latar, musik, rigging, animating, clean-up, colouring, background), dan pascaproduksi (compositing, editing, rendering, mastering). Film Animasi 2D “Singgah” berdurasi 3 menit 32 detik. Memiliki 4 scene dan 10 shot dengan total 5088 frame dan format Full HD 1980x1080px (16:9) 24 fps Pada animasi ini menerapkan teknik rigging dalam menggambarkan kehalusan gerakan karakter wayang ornamen yang dibuat secara tradisional.Kata kunci : animasi, renungan, rigging, wayang dan ornamen. Yogyakarta xii+46 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Ornamen Wayang rigging NONE |
spellingShingle |
Ornamen Wayang rigging NONE RIZAL, Muhammad Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
description |
Pergulatan hati dalam diri manusia yang terjadi pada lingkungan baru. Menciptakan setiap refleksi pada apa yang akan dilakukannya. Ide cerita tentang sebuah renungan diwujudkan kedalam tindakan, menjadi benang merah dalam proses pengembangan ide kreatif penciptaan aniamsi “Singgah” sebagai kesadaran dalam diri manusia saat diliputi keresahan hati nurani. Menjadikan animasi 2D dengan teknik rigging untuk menganimasikan gerak wayang ornamen dengan satu gambar sebagai inspirasi dalam penceritaan film. Proses penciptaan melalui 3 tahapan yaitu praproduksi (riset dan konsep, penulisan cerita, desain karakter, storyboard), produksi (seketsa karakter dan latar, musik, rigging, animating, clean-up, colouring, background), dan pascaproduksi (compositing, editing, rendering, mastering). Film Animasi 2D “Singgah” berdurasi 3 menit 32 detik. Memiliki 4 scene dan 10 shot dengan total 5088 frame dan format Full HD 1980x1080px (16:9) 24 fps Pada animasi ini menerapkan teknik rigging dalam menggambarkan kehalusan gerakan karakter wayang ornamen yang dibuat secara tradisional.Kata kunci : animasi, renungan, rigging, wayang dan ornamen. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RIZAL, Muhammad |
author_facet |
RIZAL, Muhammad |
author_sort |
RIZAL, Muhammad |
title |
Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
title_short |
Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
title_full |
Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
title_fullStr |
Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
title_full_unstemmed |
Penciptaan Film Animasi 2d “Singgah” dengan Teknik Rigging |
title_sort |
penciptaan film animasi 2d “singgah” dengan teknik rigging |
publisher |
FSMR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44033 |
_version_ |
1741201957222088704 |