Perancangan Mainan Statis Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak
Tumbuh kembang anak dimulai dari dalam kandungan sang ibu, dan sangat tergantung pada lingkungan keluarga dan lingkungan disekitarnya, meliputi asupan makanan, perhatian dan kasih sayang orangtua, tempat bermain, teman bermain, termasuk juga jenis mainan yang dimainkannya. Pada dasarnya seorang anak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Published: |
Program Desain Produk Jurusan Desain FSR ISI Ygyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44042 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tumbuh kembang anak dimulai dari dalam kandungan sang ibu, dan sangat tergantung pada lingkungan keluarga dan lingkungan disekitarnya, meliputi asupan makanan, perhatian dan kasih sayang orangtua, tempat bermain, teman bermain, termasuk juga jenis mainan yang dimainkannya. Pada dasarnya seorang anak akan senang dan asyik bermain ketika maiannya tersebut dapat mengasyikkan untuk dirinya. Akan tetapi sebagai orang tua atau orang yang lebih dewasa tentunya harus selektif juga dalam memilihkan mainan tersebut. Dewasa ini makin banyak anak-anak yang keranjingan “gadget”, sehingga mereka sangat jarang bermain dengan mainan yang seharusnya dimainkan untuk anak seusia mereka. Sebenarnya banyak sekali ragam mainan anak yang ada disekitar kita, mulai dari boneka, kereta-keretaan, “puzzle”, mobil-mobilan. Dan sebagainya. Bahkan jika diingat sejak jaman dahulu orang juga mengenal mainan tradisional seperti kelereng, dakon, “sumbar suru”, bola bekel, ketapel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam penelitian kali ini peneliti ikut serta peduli dalam rangka mengembalikan kebiasaan anak-anak dalam bermain, melalui pengembangan desain produk mainan yang mengangkat mainan dakon. Mengenalkan permainan dakon pada anak-anak dalam wujud yang lebih “fresh”. Produk dakon yang dibuat ditujukan untuk anak usia 3-5 th. |
---|