Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang.

Instrumen gitar klasik merupakan salah satu instrumen yang memiliki banyak penggemar, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Sebagian penikmat sebatas mendengarkan bunyi dan sebagian yang ingin mengenalnya dengan cara memainkan. Banyak orang yang ingin secara mempelajari gitar klasik sebagai ilmu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kurniahu, Jhosia Febrian
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44047
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Instrumen gitar klasik merupakan salah satu instrumen yang memiliki banyak penggemar, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Sebagian penikmat sebatas mendengarkan bunyi dan sebagian yang ingin mengenalnya dengan cara memainkan. Banyak orang yang ingin secara mempelajari gitar klasik sebagai ilmu atau sumber referensi dalam berkreasi. Permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran gitar klasik adalah rendahnya minat, motivasi, kurang aktifnya siswa, serta hasil belajar siswa yang cenderung biasa-biasa saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian terapan yang menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif menggunakan metode Scott Tennant. Penerapan metode ini diharapkan dapat meningkatkan minat atau motivasi, keaktifan, serta hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini berfokus pada penerapan dan pengembangan metode pembelajaran Scott Tennant dalam proses pembelajaran gitar klasik melalui aplikasi online yang dipadukan dengan pendekatan moderen agar kegiatan belajar menjadi mudah, efektif, dan menyenangkan. Kegiatan penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif deskriptif, data yang diperoleh peneliti diolah dalam bentuk paragraf. Penentuan responden dilakukan secara acak, yaitu siswa gitar klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati pembelajaran setiap siswa secara langsung. Poin pengamatan dilakukan dengan memperhatikan teknik mengajar, materi, dan sikap yang ditunjukkan oleh siswa. Hasil penerapan metode ini menunjukkan bahwa siswa terbantu dan mempermudah proses pembelajaran gitar klasik.