Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran instrumen angklung di TK Bustanul Athfal Salam 1 Magelang dengan menggunakan metode hand sign Kodály. Partisipan dari kegiatan ini ialah anak-anak kurang lebih berusia lima tahun hingga tujuh tahun. Metode penelitian yang diguna...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44057 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44057 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-440572021-06-11T10:38:52Z Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. Harjanto, Ikwan Aditya Wijaya, Suryanto Kaestri, Veronica Yoni Hand Sign Kadaly Pembelajaran angklung FSP ISI Yogyakarta 2020 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44057 MS/Har/p/2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran instrumen angklung di TK Bustanul Athfal Salam 1 Magelang dengan menggunakan metode hand sign Kodály. Partisipan dari kegiatan ini ialah anak-anak kurang lebih berusia lima tahun hingga tujuh tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hand sign Kodály pada proses pembelajaran musik angklung di TK BA Salam 1 Magelang membantu pengajar musik, khususnya bagi pengajar musik untuk anak usia taman kanak-kanak yang mayoritas belum memahami notasi musik, penggunaan bagian tubuh manusia sebagai suatu simbol notasi memiliki kelebihan yakni dapat memusatkan fokus peserta didik dengan apa yang sampaikan oleh guru, untuk melatih respon peserta didik diperlukan penerapan dari teori belajar behavioristic yaitu pembiasaan dan pengulangan. Yogyakarta xii, 69 hal.: ill. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Hand Sign Kadaly Pembelajaran angklung NONE |
spellingShingle |
Hand Sign Kadaly Pembelajaran angklung NONE Harjanto, Ikwan Aditya Wijaya, Suryanto Kaestri, Veronica Yoni Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran instrumen angklung di TK Bustanul Athfal Salam 1 Magelang dengan menggunakan metode hand sign Kodály. Partisipan dari kegiatan ini ialah anak-anak kurang lebih berusia lima tahun hingga tujuh tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hand sign Kodály pada proses pembelajaran musik angklung di TK BA Salam 1 Magelang membantu pengajar musik, khususnya bagi pengajar musik untuk anak usia taman kanak-kanak yang mayoritas belum memahami notasi musik, penggunaan bagian tubuh manusia sebagai suatu simbol notasi memiliki kelebihan yakni dapat memusatkan fokus peserta didik dengan apa yang sampaikan oleh guru, untuk melatih respon peserta didik diperlukan penerapan dari teori belajar behavioristic yaitu pembiasaan dan pengulangan. |
format |
Partitur/Praktek Musik |
author |
Harjanto, Ikwan Aditya Wijaya, Suryanto Kaestri, Veronica Yoni |
author_facet |
Harjanto, Ikwan Aditya Wijaya, Suryanto Kaestri, Veronica Yoni |
author_sort |
Harjanto, Ikwan Aditya |
title |
Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
title_short |
Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
title_full |
Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
title_fullStr |
Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
title_full_unstemmed |
Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. |
title_sort |
proses pembelajaran instrumen angklung dengan metode hand sign di tk ba salam 1 magelang. |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44057 |
_version_ |
1741201961713139712 |