Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun samp...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44082 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-440822021-06-15T12:29:14Z Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Anggraeni, Nyundia Gian Fitri Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Jamu Gendong Visual Branding FSR ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082 DK/Ang/p/2021 Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun sampai saat ini Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum adanya identitas visual yang seharusnya dimiliki untuk melakukan promosi. Dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, membuat jamu tradisional banyak diminati oleh masyarakat, sehingga hal ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk bisa lebih membranding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang akan digunakan adalah analisis SWOT yang akan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan memiliki potensi utama Jamu Gendong. Tidak hanya Jamu Gendong, namun Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan juga menghadirkan wisata edukasi tanaman toga dan cara membuat jamu tradisional. Dengan adanya potensi utama tersebut kemudian membuat konsep yang diwujudkan dalam sebuah rancangan. Dengan pendekatan SWOT diharapkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan dapat memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menarik wisatawan. Perancangan visual branding adalah salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan kepada masyarakat luas akan potensi Jamu Gendongnya. Perancangan visual branding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan sangat diperlukan untuk tetap melestarikan potensi-potensi yang ada agar tidak hilang begitu saja hingga masa mendatang. Dengan adanya branding yang baik dan tepat yang disampaikan kepada target audience maka akan lebih tepat sasaran dan lebih efektif. Yogyakarta xxiv, 205 hal.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Jamu Gendong Visual Branding NONE |
spellingShingle |
Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Jamu Gendong Visual Branding NONE Anggraeni, Nyundia Gian Fitri Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
description |
Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun sampai saat ini Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum adanya identitas visual yang seharusnya dimiliki untuk melakukan promosi. Dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, membuat jamu tradisional banyak diminati oleh masyarakat, sehingga hal ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk bisa lebih membranding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang akan digunakan adalah analisis SWOT yang akan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan memiliki potensi utama Jamu Gendong. Tidak hanya Jamu Gendong, namun Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan juga menghadirkan wisata edukasi tanaman toga dan cara membuat jamu tradisional. Dengan adanya potensi utama tersebut kemudian membuat konsep yang diwujudkan dalam sebuah rancangan. Dengan pendekatan SWOT diharapkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan dapat memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menarik wisatawan. Perancangan visual branding adalah salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan kepada masyarakat luas akan potensi Jamu Gendongnya. Perancangan visual branding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan sangat diperlukan untuk tetap melestarikan potensi-potensi yang ada agar tidak hilang begitu saja hingga masa mendatang. Dengan adanya branding yang baik dan tepat yang disampaikan kepada target audience maka akan lebih tepat sasaran dan lebih efektif. |
format |
Tugas Akhir |
author |
Anggraeni, Nyundia Gian Fitri |
author_facet |
Anggraeni, Nyundia Gian Fitri |
author_sort |
Anggraeni, Nyundia Gian Fitri |
title |
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
title_short |
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
title_full |
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
title_fullStr |
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
title_full_unstemmed |
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan |
title_sort |
perancangan visual branding dusun kiringan sebagai desa wisata jamu gendong kiringan |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082 |
_version_ |
1741201966323728385 |