Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan

Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun samp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anggraeni, Nyundia Gian Fitri
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44082
record_format oai_dc
spelling isilib-440822021-06-15T12:29:14Z Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Anggraeni, Nyundia Gian Fitri Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan Jamu Gendong Visual Branding FSR ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082 DK/Ang/p/2021 Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun sampai saat ini Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum adanya identitas visual yang seharusnya dimiliki untuk melakukan promosi. Dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, membuat jamu tradisional banyak diminati oleh masyarakat, sehingga hal ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk bisa lebih membranding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang akan digunakan adalah analisis SWOT yang akan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan memiliki potensi utama Jamu Gendong. Tidak hanya Jamu Gendong, namun Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan juga menghadirkan wisata edukasi tanaman toga dan cara membuat jamu tradisional. Dengan adanya potensi utama tersebut kemudian membuat konsep yang diwujudkan dalam sebuah rancangan. Dengan pendekatan SWOT diharapkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan dapat memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menarik wisatawan. Perancangan visual branding adalah salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan kepada masyarakat luas akan potensi Jamu Gendongnya. Perancangan visual branding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan sangat diperlukan untuk tetap melestarikan potensi-potensi yang ada agar tidak hilang begitu saja hingga masa mendatang. Dengan adanya branding yang baik dan tepat yang disampaikan kepada target audience maka akan lebih tepat sasaran dan lebih efektif. Yogyakarta xxiv, 205 hal.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
Jamu Gendong
Visual Branding
NONE
spellingShingle Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
Jamu Gendong
Visual Branding
NONE
Anggraeni, Nyundia Gian Fitri
Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
description Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun sampai saat ini Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum adanya identitas visual yang seharusnya dimiliki untuk melakukan promosi. Dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, membuat jamu tradisional banyak diminati oleh masyarakat, sehingga hal ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk bisa lebih membranding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang akan digunakan adalah analisis SWOT yang akan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan memiliki potensi utama Jamu Gendong. Tidak hanya Jamu Gendong, namun Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan juga menghadirkan wisata edukasi tanaman toga dan cara membuat jamu tradisional. Dengan adanya potensi utama tersebut kemudian membuat konsep yang diwujudkan dalam sebuah rancangan. Dengan pendekatan SWOT diharapkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan dapat memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menarik wisatawan. Perancangan visual branding adalah salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan kepada masyarakat luas akan potensi Jamu Gendongnya. Perancangan visual branding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan sangat diperlukan untuk tetap melestarikan potensi-potensi yang ada agar tidak hilang begitu saja hingga masa mendatang. Dengan adanya branding yang baik dan tepat yang disampaikan kepada target audience maka akan lebih tepat sasaran dan lebih efektif.
format Tugas Akhir
author Anggraeni, Nyundia Gian Fitri
author_facet Anggraeni, Nyundia Gian Fitri
author_sort Anggraeni, Nyundia Gian Fitri
title Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
title_short Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
title_full Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
title_fullStr Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
title_full_unstemmed Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan
title_sort perancangan visual branding dusun kiringan sebagai desa wisata jamu gendong kiringan
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44082
_version_ 1741201966323728385