Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)

Ideologi gender yang menghasilkan stereotipe tentang pembagian peran(peran domestik dan publik) berdasarkan jenis kelamin memiliki pengaruh besardalam masyarakat. Laki-laki sebagai gender yang dominan memiliki tandamaskulinitas sebagai alat ukur utama dalam pembagian peran tersebut. Iklan yangdipubl...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARDIANTI, Nurmala Putri
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44288
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44288
record_format oai_dc
spelling isilib-442882021-07-27T06:02:40Z Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC) MARDIANTI, Nurmala Putri semiotika Maskulinitas kecap ABC Iklan Mitos Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44288 DK/Mar/m/2019 Ideologi gender yang menghasilkan stereotipe tentang pembagian peran(peran domestik dan publik) berdasarkan jenis kelamin memiliki pengaruh besardalam masyarakat. Laki-laki sebagai gender yang dominan memiliki tandamaskulinitas sebagai alat ukur utama dalam pembagian peran tersebut. Iklan yangdipublikasikan di televisi maupun media sosial menjadi salah satu media yangmelanggengkan ideologi gender tersebut melalui pesan-pesan yang disampaikan.Selain itu pesan dalam iklan menjadi salah satu alat dimana gagasan baru akandisampaikan kepada masyarakat, salah satunya adalah kesetaraan gender yangberusaha diangkat dalam iklan produk Kecap ABC.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan mitos yang dihasilkanpada iklan televisi Kecap ABC “Super Bunda dan Suami Sejati” dan iklan yangdipublikasikan pada platform Instagram. Menggunakan analisis semiotika milikRoland Barthes dimana melalui tiga tahap akan dibedah scene serta aspek visualyang ada pada dua iklan yang menjadi objek kajian. Tataran pertama yang akanmembedah makna denotasi, tataran kedua akan membedah makna konotasi hinggapada akhirnya sampai pada tataran ketiga akan menghasilkan mitos yang memilikifungsi mengungkapkan serta memberi pembenaran atas nilai dominan yangberlaku dalam masyarakat pada periode tertentu. Melalui ketiga tahapan tersebuttentunya akan dipaparkan berbagai kategori tentang bagaimana masing-masinggender divisualkan dalam iklan.Berbagai temuan hasil analisis tersebut tentunya didasarkan padakebutuhan untuk menjual produk yaitu Kecap ABC. Dengan demikian produsenmengantarkan gagasan baru tentang kesetaraan gender dengan menjadikan lakilaki sebagai objek melalui iklan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembuatiklan mengunakan maskulinitas dalam wacana kesetaraan gender sebagaikomoditas bagi produk mereka, yaitu Kecap ABC. Iklan telah memproduksi danmendekonstruksi budaya serupa tentang maskulinitas dalam implikasi teoritis daripenelitian ini. Jadi dapat dikatakan bahwa media seperti iklan telahmengkonstruksi mitos maskulinitas sehingga mitos tersebut telah menjadi nilainilai yang secara alamiah dipakai dalam masyarakat. Yogyakarta xv, 118 hlm.: ilus.; 29 cm. DK/Mar/m/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic semiotika
Maskulinitas
kecap ABC
Iklan
Mitos
DK/Mar/m/2019
spellingShingle semiotika
Maskulinitas
kecap ABC
Iklan
Mitos
DK/Mar/m/2019
MARDIANTI, Nurmala Putri
Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
description Ideologi gender yang menghasilkan stereotipe tentang pembagian peran(peran domestik dan publik) berdasarkan jenis kelamin memiliki pengaruh besardalam masyarakat. Laki-laki sebagai gender yang dominan memiliki tandamaskulinitas sebagai alat ukur utama dalam pembagian peran tersebut. Iklan yangdipublikasikan di televisi maupun media sosial menjadi salah satu media yangmelanggengkan ideologi gender tersebut melalui pesan-pesan yang disampaikan.Selain itu pesan dalam iklan menjadi salah satu alat dimana gagasan baru akandisampaikan kepada masyarakat, salah satunya adalah kesetaraan gender yangberusaha diangkat dalam iklan produk Kecap ABC.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan mitos yang dihasilkanpada iklan televisi Kecap ABC “Super Bunda dan Suami Sejati” dan iklan yangdipublikasikan pada platform Instagram. Menggunakan analisis semiotika milikRoland Barthes dimana melalui tiga tahap akan dibedah scene serta aspek visualyang ada pada dua iklan yang menjadi objek kajian. Tataran pertama yang akanmembedah makna denotasi, tataran kedua akan membedah makna konotasi hinggapada akhirnya sampai pada tataran ketiga akan menghasilkan mitos yang memilikifungsi mengungkapkan serta memberi pembenaran atas nilai dominan yangberlaku dalam masyarakat pada periode tertentu. Melalui ketiga tahapan tersebuttentunya akan dipaparkan berbagai kategori tentang bagaimana masing-masinggender divisualkan dalam iklan.Berbagai temuan hasil analisis tersebut tentunya didasarkan padakebutuhan untuk menjual produk yaitu Kecap ABC. Dengan demikian produsenmengantarkan gagasan baru tentang kesetaraan gender dengan menjadikan lakilaki sebagai objek melalui iklan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembuatiklan mengunakan maskulinitas dalam wacana kesetaraan gender sebagaikomoditas bagi produk mereka, yaitu Kecap ABC. Iklan telah memproduksi danmendekonstruksi budaya serupa tentang maskulinitas dalam implikasi teoritis daripenelitian ini. Jadi dapat dikatakan bahwa media seperti iklan telahmengkonstruksi mitos maskulinitas sehingga mitos tersebut telah menjadi nilainilai yang secara alamiah dipakai dalam masyarakat.
format Tugas Akhir
author MARDIANTI, Nurmala Putri
author_facet MARDIANTI, Nurmala Putri
author_sort MARDIANTI, Nurmala Putri
title Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
title_short Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
title_full Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
title_fullStr Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
title_full_unstemmed Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)
title_sort mitos maskulinitas dalam iklan (studi kasus iklan produk kecap abc)
publisher Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44288
_version_ 1741202006292299776