Eksperimen Teknik Alphabet Melalui Pendekatan Permutasi Dalam Karya Musik Quotation

Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat pada materi mencipta musikkontemporer telah memberi dampak terhadap tidak tercapainya target ketuntasanbelajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas XII (SMA). Salah satu carauntuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat prosedural kom...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYAWAN, Candra Bangun
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44601
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat pada materi mencipta musikkontemporer telah memberi dampak terhadap tidak tercapainya target ketuntasanbelajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas XII (SMA). Salah satu carauntuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat prosedural komposisiberbasis alphabet sebagai tawaran dalam membuat model pembelajaran yangfleksibel, akurat dan efisien. Namun, untuk membuat alphabet sebagai proseduralkomposisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran diperlukanpertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal.Penciptaan ini menerapkan sintesis dan eksperimetasi teknik alphabet, permutasi,dan quotation berdasarkan hubungan ekstra-musikal dan intra-musikal yangberpijak pada masalah penelitian.Metode yang penulis gunakan dalam penciptaan prosedural komposisi berbasisalphabet adalah metode kualitatif dengan fokus pada pendekatan multi-method,yaitu studi kasus instrument dan Practice-led research. Penciptaan ini terdiri daritiga komponen utama: (1) Pengumpulan data, (2) Proses penciptaan, dan (3)Evaluasi. Komponen-komponen ini digunakan relatif bersamaan, danmempengaruhi satu sama lain.Hasil penelitian penciptaan ini adalah algoritma komposisi dalam bentukprosedural dengan pertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal yangberpotensi terhadap keseimbangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.Prosedural alphabet dimungkinkan dapat mendorong guru dalam membuat modelpembelajaran yang fleksibel, akurat dan efisien dengan kondisi di sekolah,khususnya dalam kategori pendekatan model pembelajaran Project-BasedLearning.