Estetika Interaksi Dalam Gim Virtual Reality Borobudur

Candi Borobudur menjadi inspirasi dalam penelitian penciptaan gim VRBorobudur. Bagi saya sebagai peneliti, kebesaran dan kemegahan candi Borobudurtidak terletak pada bentuk fisik, namun hadirnya makna spiritual ke-Borobudur-antentang ajaran kesediaan manusia untuk siap menghadapi ketiadaan melaluipe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARTYASTIADI, Yusup Sigit
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44608
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Candi Borobudur menjadi inspirasi dalam penelitian penciptaan gim VRBorobudur. Bagi saya sebagai peneliti, kebesaran dan kemegahan candi Borobudurtidak terletak pada bentuk fisik, namun hadirnya makna spiritual ke-Borobudur-antentang ajaran kesediaan manusia untuk siap menghadapi ketiadaan melaluipengorbanan hidup. Penelitian penciptaan gim VR Borobudur ini dilatarbelakangioleh pengalaman visual terhadap candi Borobudur yang dirasakan peneliti, yaitusensasi cahaya keemasan, gerakan – bebunyian imajiner, dan nuansa kegelapanketika peneliti memperhatikan suatu relief. Selain itu, peneliti juga merasakanhadirnya pengalaman “terbenam” saat bermain dan mendesain gim sebagai latarbelakang penelitian penciptaan ini. Kedua pengalaman estetis ini merupakankondisi pembenaman (immersion) yang dirasakan oleh peneliti.Melalui penelitian penciptaan ini, peneliti menghadirkan sensasipembenaman melalui penciptaan gim VR Borobudur dengan menggunakan maknaspiritual ke-Borobudur-an sebagai konten narasi interaktifnya. Proses penciptaangim VR Borobudur ini menggunakan metodologi penelitian yang didorong olehpraktik (practice-led research) dan didukung oleh beberapa pendekatan-pendekatanpenelitian lainnya seperti psikologi aktifitas (be-level & motor-level), estetikainteraksi, konsep MDA LeBlanc, konsep makna ketiga.Sintesis dalam disertasi ini menjabarkan proses peneliti mencaripembebasan pengalaman estetis di luar objek gim VR Borobudur itu sendirisehingga lahirlah subjektivitas melalui imajinasi pikiran. Gim VR Borobudur inisedang mengajarkan pemainnya untuk menemukan ritme kehidupan, suatu kondisiyang mengajak pengguna merasakan suasana kontemplatif namun juga aktifmenentukan pilihan-pilihan dalam kedinamisan pengalaman bermainnya.Pengalaman kontemplasi dinamis inilah sebagai salah satu temuan pengalamanestetis dalam penelitian penciptaan ini dan kemudian menjadi tawaran kontribusidalam wacana estetika interaksi.