Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Secara individu, mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta memiliki kemampuan yang baik namun masih mengalami kesulitan ketika bermain secara ensambel. Hal ini menyebabkan terhambatnya kegiatan belajar mengajar serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa pop-jaz...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGROHO, Indra Wahyu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44617
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44617
record_format oai_dc
spelling isilib-446172021-09-02T15:12:58Z Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta NUGROHO, Indra Wahyu pop-jazz Jam session Ensambel FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44617 MS/Nug/j/2020 Secara individu, mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta memiliki kemampuan yang baik namun masih mengalami kesulitan ketika bermain secara ensambel. Hal ini menyebabkan terhambatnya kegiatan belajar mengajar serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jam session sebagai upaya meningkatkan keterampilan bermain ensambel combo-band mahasiswa popjazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktifitas, terhadap satu orang atau lebih. Subjek penelitian adalah mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang aktif dalam kegiatan jam session di Etawa Jazz Club. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa memiliki kesulitan dalam bermain secara ensambel karena mahasiswa butuh proses adaptasi supaya mampu memainkan lagu atau repertoar secara ensambel dari segi partner, repertoar, form lagu, wawasan untuk melakukan interupsi dalam repertoar jazz, dan lain sebagainya. Dengan aktif mengikuti kegiatan jam session memberikan manfaat bagi peningkatan dalam bermain ensambel combo-band. Hal ini juga berpengaruh pada proses pembelajaran mata kuliah ensambel pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta viii, 84 hlm.: ill. 29 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic pop-jazz
Jam session
Ensambel
NONE
spellingShingle pop-jazz
Jam session
Ensambel
NONE
NUGROHO, Indra Wahyu
Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
description Secara individu, mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta memiliki kemampuan yang baik namun masih mengalami kesulitan ketika bermain secara ensambel. Hal ini menyebabkan terhambatnya kegiatan belajar mengajar serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jam session sebagai upaya meningkatkan keterampilan bermain ensambel combo-band mahasiswa popjazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktifitas, terhadap satu orang atau lebih. Subjek penelitian adalah mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang aktif dalam kegiatan jam session di Etawa Jazz Club. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa memiliki kesulitan dalam bermain secara ensambel karena mahasiswa butuh proses adaptasi supaya mampu memainkan lagu atau repertoar secara ensambel dari segi partner, repertoar, form lagu, wawasan untuk melakukan interupsi dalam repertoar jazz, dan lain sebagainya. Dengan aktif mengikuti kegiatan jam session memberikan manfaat bagi peningkatan dalam bermain ensambel combo-band. Hal ini juga berpengaruh pada proses pembelajaran mata kuliah ensambel pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
format Tugas Akhir
author NUGROHO, Indra Wahyu
author_facet NUGROHO, Indra Wahyu
author_sort NUGROHO, Indra Wahyu
title Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_short Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_full Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_fullStr Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_full_unstemmed Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_sort jam session sebagai upaya meningkatkan keterampilan bermain ensambel combo band bagi mahasiswa pop-jazz di institut seni indonesia yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44617
_version_ 1741202068510605312