Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan

Banyak yang menyatakan bahwa pertunjukan live music di kafe dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Faktanya terdapat beberapa tanggapan yang dilakukan pelanggan saat pertunjukan live music berlangsung. Beberapa pelanggan terkadang memperhatikan live music, namun pada kesempatan lain juga mengab...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARYA P., Henrikus Balzano
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44664
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44664
record_format oai_dc
spelling isilib-446642021-09-24T21:11:36Z Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan HARYA P., Henrikus Balzano atensi pelanggan Suasana Hati live music PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44664 TES/MTS/Har/p/2021 Banyak yang menyatakan bahwa pertunjukan live music di kafe dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Faktanya terdapat beberapa tanggapan yang dilakukan pelanggan saat pertunjukan live music berlangsung. Beberapa pelanggan terkadang memperhatikan live music, namun pada kesempatan lain juga mengabaikannya. Penelitian ini mencoba menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan pelanggan memberikan atensi terhadap sajian live music, serta mencari hubungan diantara keduanya. Peneliti mengacu pada konsep stimulus-organisme-respons (S-O-R) dari psikologi lingkungan yang ditawarkan oleh Mehrabian dan Russell. Lingkungan yang memuat berbagai unsur akan menciptakan rangsang yang berpengaruh pada individu didalamnya (organisme). Interaksi antara stimulus dan organisme menghasilkan suatu kondisi emosi yang menyebabkan orang melakukan respons tertentu. Studi ini menggunakan metode campuran dengan desain eksplorasi bertahap (exploratory sequential). Desain tersebut menggunakan dua fase yaitu fase kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data fase kualitatif dilakukan lewat wawancara semi-terstruktur bersama lima orang narasumber. Hasil dari fase kualitatif kemudian menuntun pembuatan aitem survei untuk generalisasi ke populasi yang lebih luas. Setidaknya 52 orang ikut berpartisipasi dalam survei elektronik sebagai fase kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu kesesuaian antara pertunjukan musik yang berlangsung dengan suasana hati atau jenis musik kesukaan pelanggan, menjadi penyebab pelanggan melakukan respons seperti memperhatikan maupun mengabaikan live music. Aspek lain seperti performa pertunjukan, sikap pemain musik, dan perbedaan karakter pelanggan, juga mempengaruhi atensi mereka terhadap pertunjukan musik. Penelitian ini memiliki kekurangan karena pengumpulan data dilakukan saat pandemi Covid-19, sehingga tidak dapat melihat secara jelas bagaimana keadaan mood pelanggan. Kekurangan ini dapat dilengkapi oleh peneliti berikutnya. Yogyakarta viii, 66 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic atensi pelanggan
Suasana Hati
live music
NONE
spellingShingle atensi pelanggan
Suasana Hati
live music
NONE
HARYA P., Henrikus Balzano
Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
description Banyak yang menyatakan bahwa pertunjukan live music di kafe dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Faktanya terdapat beberapa tanggapan yang dilakukan pelanggan saat pertunjukan live music berlangsung. Beberapa pelanggan terkadang memperhatikan live music, namun pada kesempatan lain juga mengabaikannya. Penelitian ini mencoba menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan pelanggan memberikan atensi terhadap sajian live music, serta mencari hubungan diantara keduanya. Peneliti mengacu pada konsep stimulus-organisme-respons (S-O-R) dari psikologi lingkungan yang ditawarkan oleh Mehrabian dan Russell. Lingkungan yang memuat berbagai unsur akan menciptakan rangsang yang berpengaruh pada individu didalamnya (organisme). Interaksi antara stimulus dan organisme menghasilkan suatu kondisi emosi yang menyebabkan orang melakukan respons tertentu. Studi ini menggunakan metode campuran dengan desain eksplorasi bertahap (exploratory sequential). Desain tersebut menggunakan dua fase yaitu fase kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data fase kualitatif dilakukan lewat wawancara semi-terstruktur bersama lima orang narasumber. Hasil dari fase kualitatif kemudian menuntun pembuatan aitem survei untuk generalisasi ke populasi yang lebih luas. Setidaknya 52 orang ikut berpartisipasi dalam survei elektronik sebagai fase kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu kesesuaian antara pertunjukan musik yang berlangsung dengan suasana hati atau jenis musik kesukaan pelanggan, menjadi penyebab pelanggan melakukan respons seperti memperhatikan maupun mengabaikan live music. Aspek lain seperti performa pertunjukan, sikap pemain musik, dan perbedaan karakter pelanggan, juga mempengaruhi atensi mereka terhadap pertunjukan musik. Penelitian ini memiliki kekurangan karena pengumpulan data dilakukan saat pandemi Covid-19, sehingga tidak dapat melihat secara jelas bagaimana keadaan mood pelanggan. Kekurangan ini dapat dilengkapi oleh peneliti berikutnya.
format Tugas Akhir
author HARYA P., Henrikus Balzano
author_facet HARYA P., Henrikus Balzano
author_sort HARYA P., Henrikus Balzano
title Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
title_short Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
title_full Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
title_fullStr Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
title_full_unstemmed Pengaruh Fasilitas Live Music Di Kafe Terhadap Atensi Pelanggan
title_sort pengaruh fasilitas live music di kafe terhadap atensi pelanggan
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44664
_version_ 1741202077626925057