Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44691 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-446912021-09-27T21:24:35Z Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta PAMUNGKAS, Putra Jalu Uyon Uyon Hadiluhung live viewers platform digital PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691 TES/MTS/Pam/p/2021 Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital. Yogyakarta xvii, 79 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Uyon Uyon Hadiluhung live viewers platform digital NONE |
spellingShingle |
Uyon Uyon Hadiluhung live viewers platform digital NONE PAMUNGKAS, Putra Jalu Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
description |
Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PAMUNGKAS, Putra Jalu |
author_facet |
PAMUNGKAS, Putra Jalu |
author_sort |
PAMUNGKAS, Putra Jalu |
title |
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
title_short |
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
title_full |
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
title_fullStr |
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta |
title_sort |
platform digital sebagai strategi promosi pada uyon uyon hadiluhung di kraton yogyakarta |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691 |
_version_ |
1741202082724052992 |