Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta

Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PAMUNGKAS, Putra Jalu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44691
record_format oai_dc
spelling isilib-446912021-09-27T21:24:35Z Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta PAMUNGKAS, Putra Jalu Uyon Uyon Hadiluhung live viewers platform digital PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691 TES/MTS/Pam/p/2021 Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital. Yogyakarta xvii, 79 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Uyon Uyon Hadiluhung
live viewers
platform digital
NONE
spellingShingle Uyon Uyon Hadiluhung
live viewers
platform digital
NONE
PAMUNGKAS, Putra Jalu
Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
description Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital.
format Tugas Akhir
author PAMUNGKAS, Putra Jalu
author_facet PAMUNGKAS, Putra Jalu
author_sort PAMUNGKAS, Putra Jalu
title Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
title_short Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
title_full Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
title_fullStr Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
title_full_unstemmed Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta
title_sort platform digital sebagai strategi promosi pada uyon uyon hadiluhung di kraton yogyakarta
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44691
_version_ 1741202082724052992