Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif den...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44780 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE |
spellingShingle |
ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE JULIS, Gerry Victory Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini berfokus pada tiga (3) orang anak jemaat GPdI Prawirodirjan dengan umur 10-11 tahun. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano yaitu pengenalan aplikasi Simply Piano, proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano, dan hasil dari pembelajaran piano pop dasar terhadap minat belajar anak. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
JULIS, Gerry Victory |
author_facet |
JULIS, Gerry Victory |
author_sort |
JULIS, Gerry Victory |
title |
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
title_short |
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
title_full |
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
title_fullStr |
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
title_full_unstemmed |
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar |
title_sort |
aplikasi simply piano sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar pada pembelajaran piano pop tingkat dasar |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780 |
_version_ |
1741202099658555392 |
spelling |
isilib-447802021-10-11T09:36:16Z Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar JULIS, Gerry Victory ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780 MS/Jul/a/2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini berfokus pada tiga (3) orang anak jemaat GPdI Prawirodirjan dengan umur 10-11 tahun. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano yaitu pengenalan aplikasi Simply Piano, proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano, dan hasil dari pembelajaran piano pop dasar terhadap minat belajar anak. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Yogyakarta ix + 88 hal.; ilus.; bib.;; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |