Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JULIS, Gerry Victory
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44780
record_format oai_dc
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm
NONE
spellingShingle ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm
NONE
JULIS, Gerry Victory
Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini berfokus pada tiga (3) orang anak jemaat GPdI Prawirodirjan dengan umur 10-11 tahun. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano yaitu pengenalan aplikasi Simply Piano, proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano, dan hasil dari pembelajaran piano pop dasar terhadap minat belajar anak. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan.
format Tugas Akhir
author JULIS, Gerry Victory
author_facet JULIS, Gerry Victory
author_sort JULIS, Gerry Victory
title Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
title_short Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
title_full Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
title_fullStr Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
title_full_unstemmed Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar
title_sort aplikasi simply piano sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar pada pembelajaran piano pop tingkat dasar
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780
_version_ 1741202099658555392
spelling isilib-447802021-10-11T09:36:16Z Aplikasi Simply Piano sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Piano Pop Tingkat Dasar JULIS, Gerry Victory ix+88 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44780 MS/Jul/a/2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop tingkat dasar menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dan mengetahui bagaimana aplikasi Simply Piano dapat meningkatkan belajar anak pada instrumen piano pop dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini berfokus pada tiga (3) orang anak jemaat GPdI Prawirodirjan dengan umur 10-11 tahun. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano yaitu pengenalan aplikasi Simply Piano, proses pembelajaran menggunakan aplikasi Simply Piano, dan hasil dari pembelajaran piano pop dasar terhadap minat belajar anak. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Proses pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano dilakukan dengan memperkenalkan pembelajaran piano pop, pengenalan aplikasi, uji coba aplikasi, pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. pengecekan kembali pemahaman terhadap pembelajaran piano pop dasar menggunakan aplikasi Simply Piano kepada seluruh subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran piano tingkat dasar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Simply Piano dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. dan peningkatan minat belajar anak terhadap pembelajaran piano pop tingkat dasar pada anak di GPdI Prawirodirjan. Kata kunci: Simply Piano; Media Pembelajaran; Pop piano; Minat Belajar; GPdI Prawirodirjan. Yogyakarta ix + 88 hal.; ilus.; bib.;; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png