Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44789 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru kali memegang biola, dengan perlakuan yang berbeda yakni subjek kedua menggunakan biola yang berbeda—biola untuk orang kidal yang sudah tayang dan biola non kidal pada umumnya yang kemudian diobservasi proses pembelajarannya. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memainkan biola dengan anatomi kidal lebih nyaman dan lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran biola meskipun keduanya sama-sama sampai di target yang telah ditentukan. Hasil penelitian juga didukung oleh pokok-pokok bahasan yang mendukung seperti neurologi, pengalaman musisi kidal, akustik organologi, serta metode pembelajaran anatomi biola. |
---|