Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44789
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru kali memegang biola, dengan perlakuan yang berbeda yakni subjek kedua menggunakan biola yang berbeda—biola untuk orang kidal yang sudah tayang dan biola non kidal pada umumnya yang kemudian diobservasi proses pembelajarannya. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memainkan biola dengan anatomi kidal lebih nyaman dan lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran biola meskipun keduanya sama-sama sampai di target yang telah ditentukan. Hasil penelitian juga didukung oleh pokok-pokok bahasan yang mendukung seperti neurologi, pengalaman musisi kidal, akustik organologi, serta metode pembelajaran anatomi biola.