Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44789
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44789
record_format oai_dc
spelling isilib-447892021-10-11T10:28:52Z Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi) PRAMASHVARA, Alexandra Nikka Akustik organologi biola kidal FSP ISI Yogyakarta 2021 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44789 MS/Pra/p/2021 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru kali memegang biola, dengan perlakuan yang berbeda yakni subjek kedua menggunakan biola yang berbeda—biola untuk orang kidal yang sudah tayang dan biola non kidal pada umumnya yang kemudian diobservasi proses pembelajarannya. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memainkan biola dengan anatomi kidal lebih nyaman dan lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran biola meskipun keduanya sama-sama sampai di target yang telah ditentukan. Hasil penelitian juga didukung oleh pokok-pokok bahasan yang mendukung seperti neurologi, pengalaman musisi kidal, akustik organologi, serta metode pembelajaran anatomi biola. Yogyakarta xi+95 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Akustik organologi
biola
kidal
NONE
spellingShingle Akustik organologi
biola
kidal
NONE
PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
description Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan pendekatan studi kasus—melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru kali memegang biola, dengan perlakuan yang berbeda yakni subjek kedua menggunakan biola yang berbeda—biola untuk orang kidal yang sudah tayang dan biola non kidal pada umumnya yang kemudian diobservasi proses pembelajarannya. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memainkan biola dengan anatomi kidal lebih nyaman dan lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran biola meskipun keduanya sama-sama sampai di target yang telah ditentukan. Hasil penelitian juga didukung oleh pokok-pokok bahasan yang mendukung seperti neurologi, pengalaman musisi kidal, akustik organologi, serta metode pembelajaran anatomi biola.
format Partitur/Praktek Musik
author PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
author_facet PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
author_sort PRAMASHVARA, Alexandra Nikka
title Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
title_short Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
title_full Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
title_fullStr Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
title_full_unstemmed Pengaruh Handedness dalam Pembelajaran Biola terhadap Partisipan kidal (Sebuah Studi Komparasi)
title_sort pengaruh handedness dalam pembelajaran biola terhadap partisipan kidal (sebuah studi komparasi)
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44789
_version_ 1741202101376122880