Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta
Skripsi berjudul Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng laras slendro pathet manyura Dalam Sajian Klenengan Versi Keluarga Sanggar Karawitan RRI Surakarta ini membahas tentang pengurangan gatra atau pengurangan jumlah tabuhan kenong dalam Topeng Ladrang Loro-loro Versi Keluarga Karawitan Studio RRI S...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44796 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44796 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-447962021-10-11T11:36:50Z Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta VIDIATRI, Titania kenongan FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44796 KW/Vid/k/2021 Skripsi berjudul Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng laras slendro pathet manyura Dalam Sajian Klenengan Versi Keluarga Sanggar Karawitan RRI Surakarta ini membahas tentang pengurangan gatra atau pengurangan jumlah tabuhan kenong dalam Topeng Ladrang Loro-loro Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta. Fokus pembahasan ini pada analisis garap Topeng Ladrang Loro-loro berdasarkan rekaman ACD-125 Ladrang Loro-loro Topeng oleh Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta tahun 1977. Ladrang Loro-loro Topeng merupakan gending bentuk inggah kethuk 4 yang kemudian berubah menjadi bentuk ladrang yang hanya terdiri dari 3 kenongan dalam 1 gongan. Pada awalnya Ladrang Loro-loro Topeng berasal dari Ladrang Loro-loro 4 kenongan utuh, tetapi karena Ladrang Loro-loro Topeng bekerja sebagai iringan tari topeng Penthul Tembem maka dikurangi 1 kenongan pada kenong kedua. Namun pada hakikatnya Ladrang Loro-loro Topeng dan Ladrang Loro-loro ide musikalnya berasal dari Gending Loro-loro Gendong. Biasanya Topeng Ladrang Loro-loro disajikan dalam satu rangkaian dengan Gending Loro-loro Gendong. Ladrang Loro-loro Topeng juga memiliki dua bentuk yaitu ketika menggunakan kendang ageng bentukan, tetapi jika sudah menggunakan kendangan ciblon bentuk berubah menjadi ladrang. Permasalahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan garap kendang. Selain pengurangan gatra atau jumlah tabuhan kenong dalam Ladrang Loro-loro Topeng, penulis juga menemukan bahwa wiledan rebab dan gender pengrawit pada setiap gongan memiliki perbedaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa wiledan gender dan rebab seorang pengrawit hanya muncul sewaktu-waktu tergantung ruang, waktu, situasi dan kondisi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, model penelitian ini menggunakan analisis musikal yang berfokus pada unsur-unsur garapnya. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk menganalisis garap dari pengurangan gatra dalam Ladrang Loro-loro Topeng versi Studio Keluarga Karawitan RRI Surakarta. Yogyakarta xiv+114 hal.; notasi.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
kenongan NONE |
spellingShingle |
kenongan NONE VIDIATRI, Titania Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
description |
Skripsi berjudul Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng laras slendro pathet manyura Dalam Sajian Klenengan Versi Keluarga Sanggar Karawitan RRI Surakarta ini membahas tentang pengurangan gatra atau pengurangan jumlah tabuhan kenong dalam Topeng Ladrang Loro-loro Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta. Fokus pembahasan ini pada analisis garap Topeng Ladrang Loro-loro berdasarkan rekaman ACD-125 Ladrang Loro-loro Topeng oleh Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta tahun 1977. Ladrang Loro-loro Topeng merupakan gending bentuk inggah kethuk 4 yang kemudian berubah menjadi bentuk ladrang yang hanya terdiri dari 3 kenongan dalam 1 gongan. Pada awalnya Ladrang Loro-loro Topeng berasal dari Ladrang Loro-loro 4 kenongan utuh, tetapi karena Ladrang Loro-loro Topeng bekerja sebagai iringan tari topeng Penthul Tembem maka dikurangi 1 kenongan pada kenong kedua. Namun pada hakikatnya Ladrang Loro-loro Topeng dan Ladrang Loro-loro ide musikalnya berasal dari Gending Loro-loro Gendong. Biasanya Topeng Ladrang Loro-loro disajikan dalam satu rangkaian dengan Gending Loro-loro Gendong. Ladrang Loro-loro Topeng juga memiliki dua bentuk yaitu ketika menggunakan kendang ageng bentukan, tetapi jika sudah menggunakan kendangan ciblon bentuk berubah menjadi ladrang. Permasalahan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan garap kendang. Selain pengurangan gatra atau jumlah tabuhan kenong dalam Ladrang Loro-loro Topeng, penulis juga menemukan bahwa wiledan rebab dan gender pengrawit pada setiap gongan memiliki perbedaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa wiledan gender dan rebab seorang pengrawit hanya muncul sewaktu-waktu tergantung ruang, waktu, situasi dan kondisi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, model penelitian ini menggunakan analisis musikal yang berfokus pada unsur-unsur garapnya. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk menganalisis garap dari pengurangan gatra dalam Ladrang Loro-loro Topeng versi Studio Keluarga Karawitan RRI Surakarta. |
format |
Tugas Akhir |
author |
VIDIATRI, Titania |
author_facet |
VIDIATRI, Titania |
author_sort |
VIDIATRI, Titania |
title |
Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
title_short |
Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
title_full |
Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
title_fullStr |
Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
title_full_unstemmed |
Kajian Garap Ladrang Loro-loro Topeng Laras Slendro Pathet Manyura dalam sajian Klenengan Versi Keluarga Karawitan Studio RRI Surakarta |
title_sort |
kajian garap ladrang loro-loro topeng laras slendro pathet manyura dalam sajian klenengan versi keluarga karawitan studio rri surakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44796 |
_version_ |
1741202102686842880 |