Garap Ricikan Rebab Gending Buntit Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga Kendhang Setunggal
Skripsi ini berjudul “ Garap Ricikan Rebab Gending Buntit Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga Kendhang Setunggal”. Notasi balungan tersebut termuat dalam buku “Gending-Gending Karawitan Gaya Yogyakarta Wiled Berdangga Laras Slendro Hasil Alih Aksara Naskah Kuno Edisi Revisi Jilid 1” yang di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44843 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Skripsi ini berjudul “ Garap Ricikan Rebab Gending Buntit Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga Kendhang Setunggal”. Notasi balungan tersebut termuat dalam buku “Gending-Gending Karawitan Gaya Yogyakarta Wiled Berdangga Laras Slendro Hasil Alih Aksara Naskah Kuno Edisi Revisi Jilid 1” yang diterbitkan oleh UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015. Gending tersebut berPathet Sanga, namun upaya pengembangan garap yang dilakukan penulis menemukan adanya beberapa bagian yang dapat dimainkan dengan pathet slendro nem dan manyura. Gending ini disajikan dengan menggunakan tata cara penyajian dan garap karawitan gaya Yogyakarta. Pembahasan yang dijadikan obyek dalam skripsi ini difokuskan pada garap rebab. Metode penggarapan gending tersebut, berpijak pada tradisi karawitan gaya Yogyakarta dan upaya pengembangan garap dengan pertimbangan musikal karawitan. Hasil yang didapatkan dari proses penggarapan pada gending tersebut adalah kesatuan rasa musikal melalui pengolahan pathet, ambah-ambahan, padhang ulihan, dan vokal karawitan. Penyaji memainkan ricikan rebab sebagai pamurba lagu pada gending yang dimaksudkan, sebab menurut analisis garapnya termasuk dalam kategori gending rebab. |
---|