Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberika...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44844 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberikan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus tunarungu di Sanggar Seni Sripanglaras Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pelatih, dan murid sanggar dan triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari observasi dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Angguk Putri pada anak berkebutuhan khusus tunarungu menggunakan metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan (drill), dan metode isyarat. Terdapat teknik-teknik yang ditemukan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri dengan metode isyarat yaitu speechreading yang artinya membaca bahasa ujaran melalui gerak bibir dan cued speech bahasa gerakan tangan yang melengkapi bahasa ujaran dan teknik aba-aba. Penggunaan metode tersebut sesuai digunakan dengan melihat kondisi fisik anak. Kata kunci: Tari Angguk Putri, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembelajaran. |
---|