Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberika...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, Lisa Prima
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44844
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44844
record_format oai_dc
spelling isilib-448442021-10-14T14:00:32Z Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo SARI, Lisa Prima Anak Berkebutuhan Khusus Tari Angguk Putri pendidikan seni pertunjukan FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44844 PSP/Sar/m/2021 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberikan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus tunarungu di Sanggar Seni Sripanglaras Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pelatih, dan murid sanggar dan triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari observasi dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Angguk Putri pada anak berkebutuhan khusus tunarungu menggunakan metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan (drill), dan metode isyarat. Terdapat teknik-teknik yang ditemukan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri dengan metode isyarat yaitu speechreading yang artinya membaca bahasa ujaran melalui gerak bibir dan cued speech bahasa gerakan tangan yang melengkapi bahasa ujaran dan teknik aba-aba. Penggunaan metode tersebut sesuai digunakan dengan melihat kondisi fisik anak. Kata kunci: Tari Angguk Putri, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembelajaran. Yogyakarta xvi, 96 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Anak Berkebutuhan Khusus
Tari Angguk Putri
pendidikan seni pertunjukan
NONE
spellingShingle Anak Berkebutuhan Khusus
Tari Angguk Putri
pendidikan seni pertunjukan
NONE
SARI, Lisa Prima
Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
description Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu merupakan anak keterbatasan fisik dalam masalah pendengarannya, tentunya anak tunarungu berhak menerima pendidikan khususnya pendidikan seni, sehingga pembelajaran seni yang diberikan memerlukan metode yang sesuai dengan kondisi anak agar materi yang diberikan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus tunarungu di Sanggar Seni Sripanglaras Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari ketua sanggar, pelatih, dan murid sanggar dan triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari observasi dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Angguk Putri pada anak berkebutuhan khusus tunarungu menggunakan metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan (drill), dan metode isyarat. Terdapat teknik-teknik yang ditemukan dalam pembelajaran Tari Angguk Putri dengan metode isyarat yaitu speechreading yang artinya membaca bahasa ujaran melalui gerak bibir dan cued speech bahasa gerakan tangan yang melengkapi bahasa ujaran dan teknik aba-aba. Penggunaan metode tersebut sesuai digunakan dengan melihat kondisi fisik anak. Kata kunci: Tari Angguk Putri, Anak Berkebutuhan Khusus, Metode Pembelajaran.
format Tugas Akhir
author SARI, Lisa Prima
author_facet SARI, Lisa Prima
author_sort SARI, Lisa Prima
title Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
title_short Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
title_full Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
title_fullStr Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Tari Angguk Putri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Sanggar Seni Sripanglaras, Pripih, Kokap, Kulon Progo
title_sort metode pembelajaran tari angguk putri pada anak berkebutuhan khusus tunarungu di sanggar seni sripanglaras, pripih, kokap, kulon progo
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44844
_version_ 1741202111869222912