Struktur Fundamental Pedagogik : (Membedah Pemikiran Paulo Freire)
Pemikiran yang kritis dan reflektif terhadap karya-karya Paulo Freire yang membumi. Paulo Freire merupakan seorang pedagog (pendidik) serta tokoh sosial-politik yang memperjuangkan pendidikan pembebasan bagi kaum tertindas di Brazil. Konsep pendidikan yang diajarkan oleh Paulo Freire berorientasi pa...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Format: | Buku Teks |
Language: | Indonesian |
Published: |
PT Refika Aditama
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44852 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pemikiran yang kritis dan reflektif terhadap karya-karya Paulo Freire yang membumi. Paulo Freire merupakan seorang pedagog (pendidik) serta tokoh sosial-politik yang memperjuangkan pendidikan pembebasan bagi kaum tertindas di Brazil. Konsep pendidikan yang diajarkan oleh Paulo Freire berorientasi pada pembebasan kaum tertindas dari segala bentuk penindasan yang mendehumanisasikan mereka. Buku ini berisi kajian fundamental pedagogik yang berasal dari pemikiran-pemikiran Paulo Freire. Terdiri dari empat bagian, pertama mengupas tentang biografi singkat Paulo Freire serta Pedagogiknya yang khas, bagian kedua berisi pemikiran Paulo tentang hakikat realitas (ontologi), pengetahuan (epistemologi), dan nilai (aksiologi). Bagian ketiga berisi pemikiran penulis dalam membedah filosofis Paulo Freire tentang tujuan pendidikan. Serta yang terakhir berisi pemikiran fundamental Freire dengan pedagogik Indonesia dalam konteks kekinian. |
---|