Penerapan Metode Pembelajaran Vokal Klasik di Program Studi Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Mahasiswa baru ISI Yogyakarta jurusan musik angkatan 2020 yang diterima dari SNMPTN dan SBMPTN dengan latar belakang SMA umum, SMK non musik dan SMK musik belum cukup memiliki pengetahuan musik yang memadai. Dalam penelitian ini yang menjadi narasumber adalah mahasiswi baru berasal dari SMA umum emp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YOCHANAN, Eugenea Gifka
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44859
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Mahasiswa baru ISI Yogyakarta jurusan musik angkatan 2020 yang diterima dari SNMPTN dan SBMPTN dengan latar belakang SMA umum, SMK non musik dan SMK musik belum cukup memiliki pengetahuan musik yang memadai. Dalam penelitian ini yang menjadi narasumber adalah mahasiswi baru berasal dari SMA umum empat orang dan SMK non musik satu orang. Penerapan metode oleh dosen pengampu adalah ilmu pedagogik musik. Dari kondisi sosial di atas, terdapat dua pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Vokal Klasik di Program Studi Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta? 2) Apakah yang menjadi hambatan bagi mahasiswi dengan pendekatan pedagogik musik? Penggunaan metode penelitian ini ialah kualitatif, bertujuan untuk membantu mahasiswi memahami dan mengatasi kendala dalam mempelajari vokal klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan memakai metode pedagogik musik, narasumber mengalami peningkatan dalam materi vokal klasik, seluruh narasumber mengalami kesulitan terhadap sistem pembelajaran secara daring. Dari serangkaian penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan: 1) Dengan ilmu pedagogik musik, narasumber mengalami peningkatan dalam mempelajari vokal klasik. 2) Koneksi internet yang kurang stabil mengakibatkan narasumber mengalami kesulitan dalam pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 serta narasumber kurang menguasai teknik vokal dan kurang lancarnya pembacaan notasi balok.