Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Media sosial saat ini telah mencakup berbagai macam kebutuhan masyarakat, seperti TikTok yang dimanfaatkan oleh This Is April sebagai media promosi baru. TikTok merupakan media sosial hiburan yang menjadi sebuah g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LATIFA, Widya Ayu Ria
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44864
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44864
record_format oai_dc
spelling isilib-448642021-10-15T09:44:10Z Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok LATIFA, Widya Ayu Ria tiktok Komunikasi Visual Media Promosi semiotika FSR ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44864 DK/Lat/a/2021 Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Media sosial saat ini telah mencakup berbagai macam kebutuhan masyarakat, seperti TikTok yang dimanfaatkan oleh This Is April sebagai media promosi baru. TikTok merupakan media sosial hiburan yang menjadi sebuah gaya promosi baru di era digital masa kini, dimana sebuah promosi dikemas dalam sebuah video pendek dengan suara atau lagu yang bersifat atraktif. Di dalam media sosial, tanda verbal dan tanda visual memiliki fungsi yang lebih dinamis dalam penyampaian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda dan makna konotasi representasi dari konten video This Is April di media sosial TikTok pada periode Juni hingga November 2020 dengan penonton di atas sepuluh ribu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan konsep Triadik Sumbo Tinarbuko dalam teori Semiotika Komunikasi Visual Sumbo Tinarbuko, peneliti mengidentifikasi sekaligus menganalisis tanda verbal dan tanda visual, kemudian mengungkap makna konotatif dari pesan yang muncul pada konten video This Is April di media sosial TikTok. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat Kunci dari video kelima This Is April terdapat tanda-tanda yang terdiri dari: tanda verbal (teks, caption, tagar, dan lirik lagu) dan tanda visual (ikon, simbol, indeks, background, warna, komposisi, teknik pengambilan gambar, gerakan, dan audio), serta makna konotasi yang muncul secara keseluruhan yakni This Is April ingin menggaungkan gaya hidup kebebasan dalam berpakaian sebagai identitas baru TikTokers Milenial (khususnya perempuan) melalui gaya kasual, dimana perempuan bebas mengenakan pakaian apapun dan mengkombinasikan pakaian apapun dan tidak ada batasan bentuk tubuh, warna kulit, maupun tinggi badan. Kata kunci: tiktok, media promosi, semiotika komunikasi visual Yogyakarta xiv+110 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic tiktok
Komunikasi Visual
Media Promosi
semiotika
NONE
spellingShingle tiktok
Komunikasi Visual
Media Promosi
semiotika
NONE
LATIFA, Widya Ayu Ria
Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
description Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Media sosial saat ini telah mencakup berbagai macam kebutuhan masyarakat, seperti TikTok yang dimanfaatkan oleh This Is April sebagai media promosi baru. TikTok merupakan media sosial hiburan yang menjadi sebuah gaya promosi baru di era digital masa kini, dimana sebuah promosi dikemas dalam sebuah video pendek dengan suara atau lagu yang bersifat atraktif. Di dalam media sosial, tanda verbal dan tanda visual memiliki fungsi yang lebih dinamis dalam penyampaian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda dan makna konotasi representasi dari konten video This Is April di media sosial TikTok pada periode Juni hingga November 2020 dengan penonton di atas sepuluh ribu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan konsep Triadik Sumbo Tinarbuko dalam teori Semiotika Komunikasi Visual Sumbo Tinarbuko, peneliti mengidentifikasi sekaligus menganalisis tanda verbal dan tanda visual, kemudian mengungkap makna konotatif dari pesan yang muncul pada konten video This Is April di media sosial TikTok. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat Kunci dari video kelima This Is April terdapat tanda-tanda yang terdiri dari: tanda verbal (teks, caption, tagar, dan lirik lagu) dan tanda visual (ikon, simbol, indeks, background, warna, komposisi, teknik pengambilan gambar, gerakan, dan audio), serta makna konotasi yang muncul secara keseluruhan yakni This Is April ingin menggaungkan gaya hidup kebebasan dalam berpakaian sebagai identitas baru TikTokers Milenial (khususnya perempuan) melalui gaya kasual, dimana perempuan bebas mengenakan pakaian apapun dan mengkombinasikan pakaian apapun dan tidak ada batasan bentuk tubuh, warna kulit, maupun tinggi badan. Kata kunci: tiktok, media promosi, semiotika komunikasi visual
format Tugas Akhir
author LATIFA, Widya Ayu Ria
author_facet LATIFA, Widya Ayu Ria
author_sort LATIFA, Widya Ayu Ria
title Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
title_short Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
title_full Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
title_fullStr Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
title_full_unstemmed Analisis Semiotika Konotasi pada Konten Video This is April dalam Media Sosial Tiktok
title_sort analisis semiotika konotasi pada konten video this is april dalam media sosial tiktok
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44864
_version_ 1741202115862200320