Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta

Menarikan Tari Krincing Kuning diperlukan fisik yang kuat, kepekaan terhadap musik, dapat bekerja sama untuk menyatukan rasa dalam menggerakkan tubuh dan krincing. Penerapan metode pembelajaran harus tepat sehingga peserta didik dapat menarikan Tari Krincing Kuning. Tujuan penelitian ini untuk menge...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44882
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44882
record_format oai_dc
spelling isilib-448822021-10-15T13:50:25Z Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga Sanggar Krincing Manis Metode Pembelajaran Campuran, Tari Krincing Kuning pendidikan seni pertunjukan FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44882 PSP/Rup/m/2021 Menarikan Tari Krincing Kuning diperlukan fisik yang kuat, kepekaan terhadap musik, dapat bekerja sama untuk menyatukan rasa dalam menggerakkan tubuh dan krincing. Penerapan metode pembelajaran harus tepat sehingga peserta didik dapat menarikan Tari Krincing Kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada pembelajaran Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pimpinan sanggar, pengajar dan peserta didik Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta, sedangkan sumber data sekundernya berupa data yang tersusun dalam bentuk dokumen seperti foto dan video pembelajaran Tari Krincing Kuning. Tahap analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Krincing Kuning menggunakan metode pembelajaran campuran (eclectic methods). Metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Krincing Kuning merupakan kombinasi dari kelebihan-kelebihan setiap metode atau cara yang digunakan pengajar. Metode-metode pembelajaran tersebut diambil sisi positifnya sehingga dapat menutupi kekurangan satu sama lain. Metode ini merupakan kombinasi sisi positif dari beberapa metode, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode ice breaking. Yogyakarta xv, 92 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Sanggar Krincing Manis
Metode Pembelajaran Campuran,
Tari Krincing Kuning
pendidikan seni pertunjukan
NONE
spellingShingle Sanggar Krincing Manis
Metode Pembelajaran Campuran,
Tari Krincing Kuning
pendidikan seni pertunjukan
NONE
RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga
Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
description Menarikan Tari Krincing Kuning diperlukan fisik yang kuat, kepekaan terhadap musik, dapat bekerja sama untuk menyatukan rasa dalam menggerakkan tubuh dan krincing. Penerapan metode pembelajaran harus tepat sehingga peserta didik dapat menarikan Tari Krincing Kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada pembelajaran Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pimpinan sanggar, pengajar dan peserta didik Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta, sedangkan sumber data sekundernya berupa data yang tersusun dalam bentuk dokumen seperti foto dan video pembelajaran Tari Krincing Kuning. Tahap analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Krincing Kuning menggunakan metode pembelajaran campuran (eclectic methods). Metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Krincing Kuning merupakan kombinasi dari kelebihan-kelebihan setiap metode atau cara yang digunakan pengajar. Metode-metode pembelajaran tersebut diambil sisi positifnya sehingga dapat menutupi kekurangan satu sama lain. Metode ini merupakan kombinasi sisi positif dari beberapa metode, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode ice breaking.
format Tugas Akhir
author RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga
author_facet RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga
author_sort RUPADATU, Freund Des' Asa Zuniga
title Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
title_short Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
title_full Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
title_fullStr Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
title_sort metode pembelajaran campuran (eclectic methods) pada tari krincing kuning di sanggar tari krincing manis yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44882
_version_ 1741202119328792577