Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta

Pendekatan scientific learning adalah tipe pembelajaran yang memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, mempraktikkan pelajaran secara ilmiah. Scientific learning memiliki 5 komponen yaitu mengamati, menanya, mencooba, menalar, dan membentuk jaringan. Proses pembelajaran yang dilakuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUELLA, Ema
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44889
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44889
record_format oai_dc
spelling isilib-448892021-10-15T14:43:23Z Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta YUELLA, Ema Scientific Learning Pembelajaran Daring pendidikan seni pertunjukan pembelajaran tari FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44889 PSP/Yue/p/2021 Pendekatan scientific learning adalah tipe pembelajaran yang memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, mempraktikkan pelajaran secara ilmiah. Scientific learning memiliki 5 komponen yaitu mengamati, menanya, mencooba, menalar, dan membentuk jaringan. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring memberikan dampak kepada siswa yang semula aktif mengikuti pembelajaran menjadi pasif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring kelas VII G di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kualiatif. Objek penelitian ini adalah pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring, dengan subjek penelitian adalah guru Seni Budaya dan siswa kelas VII G. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning pada proses pembelajaran seni tari secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet. WhatsApp digunakan pada setiap pertemuan untuk menyampaikan informasi terkait proses pembelajaran tari seperti presensi yang dilakukan melalui Google Classroom, jadwal ujian, kisi-kisi soal ujian, dan mengkoordinasi siswa yang belum mengumpulkan tugas. Google Classroom digunakan untuk mengirim materi, tugas, dan melakukan presensi. Google Meet digunakan pada pertemuan pertama dan kedua yang digunakan untuk kegiatan perkenalan, dan penjelasan materi tari tradisional dan bentuk dasar tangan melalui tatap layar. Pendekatan scientific learning yang diterapkan dalam proses pembelajaran memiliki lima komponen, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jaringan. Lima komponen tersebut diterapkan guru pada kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran. Pendekatan scientific learning ini dapat menjadi solusi pada pembelajaran tari yang dilakukan secara daring. Yogyakarta xv, 83 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Scientific Learning
Pembelajaran Daring
pendidikan seni pertunjukan
pembelajaran tari
NONE
spellingShingle Scientific Learning
Pembelajaran Daring
pendidikan seni pertunjukan
pembelajaran tari
NONE
YUELLA, Ema
Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
description Pendekatan scientific learning adalah tipe pembelajaran yang memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, mempraktikkan pelajaran secara ilmiah. Scientific learning memiliki 5 komponen yaitu mengamati, menanya, mencooba, menalar, dan membentuk jaringan. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring memberikan dampak kepada siswa yang semula aktif mengikuti pembelajaran menjadi pasif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring kelas VII G di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kualiatif. Objek penelitian ini adalah pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring, dengan subjek penelitian adalah guru Seni Budaya dan siswa kelas VII G. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning pada proses pembelajaran seni tari secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet. WhatsApp digunakan pada setiap pertemuan untuk menyampaikan informasi terkait proses pembelajaran tari seperti presensi yang dilakukan melalui Google Classroom, jadwal ujian, kisi-kisi soal ujian, dan mengkoordinasi siswa yang belum mengumpulkan tugas. Google Classroom digunakan untuk mengirim materi, tugas, dan melakukan presensi. Google Meet digunakan pada pertemuan pertama dan kedua yang digunakan untuk kegiatan perkenalan, dan penjelasan materi tari tradisional dan bentuk dasar tangan melalui tatap layar. Pendekatan scientific learning yang diterapkan dalam proses pembelajaran memiliki lima komponen, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jaringan. Lima komponen tersebut diterapkan guru pada kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran. Pendekatan scientific learning ini dapat menjadi solusi pada pembelajaran tari yang dilakukan secara daring.
format Tugas Akhir
author YUELLA, Ema
author_facet YUELLA, Ema
author_sort YUELLA, Ema
title Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
title_short Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
title_full Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
title_fullStr Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
title_full_unstemmed Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta
title_sort pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari di kelas vii g smp negeri 1 yogyakarta
publisher FSP ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44889
_version_ 1741202120627978240