Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni
Pada saat ini anak-anak kurang memahami dan mengerti tentang nilai karakter, dan kurangnya melestarikan kesenian daerah yaitu seni tari klasik gaya Yogyakarta khususnya Tari Sekar Pudyastuti. Menarikan tari klasik tanpa mengetahui isi atau pesan yang ingin disampaikan pencipta tari merupakan permasa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44901 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-44901 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-449012021-10-18T14:40:23Z Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni DAMAYANTI, Hanifah Winda Tari Sekar Pudyastuti pendidikan seni pertunjukan pembelajaran seni FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44901 PSP/Dam/n/2021 Pada saat ini anak-anak kurang memahami dan mengerti tentang nilai karakter, dan kurangnya melestarikan kesenian daerah yaitu seni tari klasik gaya Yogyakarta khususnya Tari Sekar Pudyastuti. Menarikan tari klasik tanpa mengetahui isi atau pesan yang ingin disampaikan pencipta tari merupakan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Tari Sekar Pudyastuti dan relevansinya dalam pembelajaran seni budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu ketua sanggar, pamong atau guru tari, dan siswa. Teknik validasi data yang digunakan ini yaitu triangulasi sumber, membandingkan data yang diperoleh dan crosscheck kepada narasumber. Selanjutnya data yang diperoleh analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Sekar Pudyastuti merupakan tarian yang bertemakan keselamatan atau doa kepada Tuhan. Tari Sekar Pudyastuti mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada gerak tari, kostum tari dan lagon/gérongan. Nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, tanggung jawab, toleransi, disiplin, demokratis, rasa dan karsa, rendah hati, mawas diri, dan filosofi kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan pada Tari Sekar Pudyastuti, memiliki relevansi dengan pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Atas (SMA) sehingga relevan dijadikan materi pembelajaran. Yogyakarta xv, 102 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Tari Sekar Pudyastuti pendidikan seni pertunjukan pembelajaran seni NONE |
spellingShingle |
Tari Sekar Pudyastuti pendidikan seni pertunjukan pembelajaran seni NONE DAMAYANTI, Hanifah Winda Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
description |
Pada saat ini anak-anak kurang memahami dan mengerti tentang nilai karakter, dan kurangnya melestarikan kesenian daerah yaitu seni tari klasik gaya Yogyakarta khususnya Tari Sekar Pudyastuti. Menarikan tari klasik tanpa mengetahui isi atau pesan yang ingin disampaikan pencipta tari merupakan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Tari Sekar Pudyastuti dan relevansinya dalam pembelajaran seni budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu ketua sanggar, pamong atau guru tari, dan siswa. Teknik validasi data yang digunakan ini yaitu triangulasi sumber, membandingkan data yang diperoleh dan crosscheck kepada narasumber. Selanjutnya data yang diperoleh analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Sekar Pudyastuti merupakan tarian yang bertemakan keselamatan atau doa kepada Tuhan. Tari Sekar Pudyastuti mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada gerak tari, kostum tari dan lagon/gérongan. Nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, tanggung jawab, toleransi, disiplin, demokratis, rasa dan karsa, rendah hati, mawas diri, dan filosofi kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan pada Tari Sekar Pudyastuti, memiliki relevansi dengan pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Atas (SMA) sehingga relevan dijadikan materi pembelajaran. |
format |
Tugas Akhir |
author |
DAMAYANTI, Hanifah Winda |
author_facet |
DAMAYANTI, Hanifah Winda |
author_sort |
DAMAYANTI, Hanifah Winda |
title |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
title_short |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
title_full |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
title_fullStr |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
title_full_unstemmed |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni |
title_sort |
nilai-nilai pendidikan karakter pada tari sekar pudyastuti dan relevansinya dalam pembelajaran seni |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44901 |
_version_ |
1741202122903388160 |