Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019

PT. Batik Plentong berkontribusi dalam pengembangan batik tradisional dan menyediakan layanan pengenalan proses batik bagi wisatawan. Studi analisis merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya PT. Batik Plentong, proses pembuatan produk d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DAMAYANTI, Retno
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44983
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-44983
record_format oai_dc
spelling isilib-449832021-10-27T13:43:10Z Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019 DAMAYANTI, Retno Konsumen Plentong Estetika Batik kriya tekstil FSR ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44983 KT/Dam/s/2021 PT. Batik Plentong berkontribusi dalam pengembangan batik tradisional dan menyediakan layanan pengenalan proses batik bagi wisatawan. Studi analisis merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya PT. Batik Plentong, proses pembuatan produk dan faktor yang mempengaruhi tingkat konsumen PT. Batik Plentong dilihat dari sudut pandang estetika. Teori estetika yang digunakan adalah milik Monroe Beardsley yang membagi prinsip karya seni menjadi 3 yaitu kesatuan (unity), kerumitan (complexity), dan kesungguhan (intensity). Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis sampel produk batik PT. Batik Plentong yang berupa satu busana jadi wanita, satu busana jadi pria, satu selendang dan satu sapu tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi analisis ini ialah metode studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari studi analisis ini ialah bahwa PT. Batik Plentong didirikan pada tahun 1950 sebagai perusahaan batik tradisional yang dikelola secara turun-temurun. Proses pembuatan produk PT. Batik Plentong melalui tahap: persiapan alat dan bahan batik, proses pembatikan, proses pelorodan, proses penjahitan dan finishing. Produk-produk PT. Batik Plentong terdiri dari produk batik tulis dan cap, dengan proses pewarnaan tutup celup dan colet dan menggunakan zat warna napthol, indigosol dan warna alam. Dalam pemasaran PT. Batik Plentong menggunakan strategi pemasaran serba-aneka atau different rated marketing dengan segmentasi pasar secara geografis, demografis, psikografis, dan pendapatan konsumen. Media pemasaran utama yang digunakan ialah showroom yang berdiri tepat di samping rumah produksi. Konsumen PT. Batik Plentong terdiri dari konsumen mancanegara dan dalam negeri. Konsumen mancanegara PT. Batik Plentong berasal dari Asia dan Eropa. Pengunjung Asia menyukai produk dengan warna cerah sedangkan pengunjung eropa lebih menyukai motif klasik dengan warna gelap. Pengunjung dalam negeri cenderung meminati produk busana. Faktor internal yang mempengaruhi ialah inovasi produk yang dibuat. Faktor eksternal yang mempengaruhi ialah keadaan pasar, preferensi konsumen serta dukungan dari instansi terkait. Yogyakarta xv, 79 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Konsumen
Plentong
Estetika
Batik
kriya tekstil
NONE
spellingShingle Konsumen
Plentong
Estetika
Batik
kriya tekstil
NONE
DAMAYANTI, Retno
Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
description PT. Batik Plentong berkontribusi dalam pengembangan batik tradisional dan menyediakan layanan pengenalan proses batik bagi wisatawan. Studi analisis merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya PT. Batik Plentong, proses pembuatan produk dan faktor yang mempengaruhi tingkat konsumen PT. Batik Plentong dilihat dari sudut pandang estetika. Teori estetika yang digunakan adalah milik Monroe Beardsley yang membagi prinsip karya seni menjadi 3 yaitu kesatuan (unity), kerumitan (complexity), dan kesungguhan (intensity). Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis sampel produk batik PT. Batik Plentong yang berupa satu busana jadi wanita, satu busana jadi pria, satu selendang dan satu sapu tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi analisis ini ialah metode studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari studi analisis ini ialah bahwa PT. Batik Plentong didirikan pada tahun 1950 sebagai perusahaan batik tradisional yang dikelola secara turun-temurun. Proses pembuatan produk PT. Batik Plentong melalui tahap: persiapan alat dan bahan batik, proses pembatikan, proses pelorodan, proses penjahitan dan finishing. Produk-produk PT. Batik Plentong terdiri dari produk batik tulis dan cap, dengan proses pewarnaan tutup celup dan colet dan menggunakan zat warna napthol, indigosol dan warna alam. Dalam pemasaran PT. Batik Plentong menggunakan strategi pemasaran serba-aneka atau different rated marketing dengan segmentasi pasar secara geografis, demografis, psikografis, dan pendapatan konsumen. Media pemasaran utama yang digunakan ialah showroom yang berdiri tepat di samping rumah produksi. Konsumen PT. Batik Plentong terdiri dari konsumen mancanegara dan dalam negeri. Konsumen mancanegara PT. Batik Plentong berasal dari Asia dan Eropa. Pengunjung Asia menyukai produk dengan warna cerah sedangkan pengunjung eropa lebih menyukai motif klasik dengan warna gelap. Pengunjung dalam negeri cenderung meminati produk busana. Faktor internal yang mempengaruhi ialah inovasi produk yang dibuat. Faktor eksternal yang mempengaruhi ialah keadaan pasar, preferensi konsumen serta dukungan dari instansi terkait.
format Tugas Akhir
author DAMAYANTI, Retno
author_facet DAMAYANTI, Retno
author_sort DAMAYANTI, Retno
title Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
title_short Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
title_full Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
title_fullStr Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
title_full_unstemmed Studi Aanalisis Estetika Prduk Dan Minat Konsumen Batik Plentong, Mantrijeron Yogyakarta Bulan Juni-September 2019
title_sort studi aanalisis estetika prduk dan minat konsumen batik plentong, mantrijeron yogyakarta bulan juni-september 2019
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=44983
_version_ 1741202137370591232