Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta

Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WUTUN, Beatrich Deram
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45000
record_format oai_dc
spelling isilib-450002021-10-28T10:54:52Z Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta WUTUN, Beatrich Deram Artha dance Sanggar Tari Metode Pembelajaran FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000 PSP/Wut/m/2020 Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat dan cepat tanggap dalam menguasai materi tari yang diajarkan oleh pendidik selama proses pembelajarannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah ketua, pendidik, peserta didik, dan stakeholder (orang tua) Sanggar Tari Artha Dance. Teknik Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi.Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance yaitu: metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, imitasi, latihan, dan penugasan. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut, peserta didik mampu menyelesaikan materi tari yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang singkat. Selain dapat menyelesaikan materi dengan cepat, peserta didik juga mampu melakukan gerak tari sesuai dengan teknik gerak yang benar dan dengan penghayatan serta ekspresi yang tepat sesuai dengan materi tari. Hal tersebut didukung oleh kemampuan dari pendidik dalam mengajar, kemampuan peserta didik dalam belajar, dan stakeholder (orang tua) dalam mendampingi dan membimbing peserta didik. Yogyakarta xvi+86 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Artha dance
Sanggar Tari
Metode Pembelajaran
NONE
spellingShingle Artha dance
Sanggar Tari
Metode Pembelajaran
NONE
WUTUN, Beatrich Deram
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
description Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat dan cepat tanggap dalam menguasai materi tari yang diajarkan oleh pendidik selama proses pembelajarannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah ketua, pendidik, peserta didik, dan stakeholder (orang tua) Sanggar Tari Artha Dance. Teknik Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi.Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance yaitu: metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, imitasi, latihan, dan penugasan. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut, peserta didik mampu menyelesaikan materi tari yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang singkat. Selain dapat menyelesaikan materi dengan cepat, peserta didik juga mampu melakukan gerak tari sesuai dengan teknik gerak yang benar dan dengan penghayatan serta ekspresi yang tepat sesuai dengan materi tari. Hal tersebut didukung oleh kemampuan dari pendidik dalam mengajar, kemampuan peserta didik dalam belajar, dan stakeholder (orang tua) dalam mendampingi dan membimbing peserta didik.
format Tugas Akhir
author WUTUN, Beatrich Deram
author_facet WUTUN, Beatrich Deram
author_sort WUTUN, Beatrich Deram
title Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
title_short Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
title_full Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
title_fullStr Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
title_sort metode pembelajaran di sanggar tari artha dance yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000
_version_ 1741202140432433152