Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta
Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-45000 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-450002021-10-28T10:54:52Z Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta WUTUN, Beatrich Deram Artha dance Sanggar Tari Metode Pembelajaran FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000 PSP/Wut/m/2020 Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat dan cepat tanggap dalam menguasai materi tari yang diajarkan oleh pendidik selama proses pembelajarannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah ketua, pendidik, peserta didik, dan stakeholder (orang tua) Sanggar Tari Artha Dance. Teknik Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi.Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance yaitu: metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, imitasi, latihan, dan penugasan. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut, peserta didik mampu menyelesaikan materi tari yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang singkat. Selain dapat menyelesaikan materi dengan cepat, peserta didik juga mampu melakukan gerak tari sesuai dengan teknik gerak yang benar dan dengan penghayatan serta ekspresi yang tepat sesuai dengan materi tari. Hal tersebut didukung oleh kemampuan dari pendidik dalam mengajar, kemampuan peserta didik dalam belajar, dan stakeholder (orang tua) dalam mendampingi dan membimbing peserta didik. Yogyakarta xvi+86 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Artha dance Sanggar Tari Metode Pembelajaran NONE |
spellingShingle |
Artha dance Sanggar Tari Metode Pembelajaran NONE WUTUN, Beatrich Deram Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
description |
Penelitian ini mengungkap tentang metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta. Sanggar Tari Artha Dance merupakan sanggar yang mampu menghasilkan para penari yang berbakat dan cepat tanggap dalam menguasai materi tari yang diajarkan oleh pendidik selama proses pembelajarannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran di Sanggar Tari Artha Dance, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah ketua, pendidik, peserta didik, dan stakeholder (orang tua) Sanggar Tari Artha Dance. Teknik Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi.Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Tari Artha Dance yaitu: metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, imitasi, latihan, dan penugasan. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut, peserta didik mampu menyelesaikan materi tari yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang singkat. Selain dapat menyelesaikan materi dengan cepat, peserta didik juga mampu melakukan gerak tari sesuai dengan teknik gerak yang benar dan dengan penghayatan serta ekspresi yang tepat sesuai dengan materi tari. Hal tersebut didukung oleh kemampuan dari pendidik dalam mengajar, kemampuan peserta didik dalam belajar, dan stakeholder (orang tua) dalam mendampingi dan membimbing peserta didik. |
format |
Tugas Akhir |
author |
WUTUN, Beatrich Deram |
author_facet |
WUTUN, Beatrich Deram |
author_sort |
WUTUN, Beatrich Deram |
title |
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
title_short |
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
title_full |
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
title_fullStr |
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Metode Pembelajaran Di Sanggar Tari Artha Dance Yogyakarta |
title_sort |
metode pembelajaran di sanggar tari artha dance yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45000 |
_version_ |
1741202140432433152 |